Mistik: Pohon Kelor Senjata Ampuh Lawan Parakang

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 08 April 2023
0 dilihat
Mistik: Pohon Kelor Senjata Ampuh Lawan Parakang
Menurut kepercayaan masyarakat setempat, batang pohon kelor bisa dipakai untuk memukul parakang dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada makhluk tersebut. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Pohon kelor selalu dikaitkan dengan khasiat mistis dan legenda yang misterius. Terlebih lagi, di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, pohon kelor dianggap memiliki kekuatan khusus dalam menangkal makhluk jadi-jadian parakang "

KENDARI, TELISIK.ID - Pohon kelor selalu dikaitkan dengan khasiat mistis dan legenda yang misterius. Terlebih lagi, di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, pohon kelor dianggap memiliki kekuatan khusus dalam menangkal makhluk jadi-jadian parakang.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, batang pohon kelor bisa dipakai untuk memukul parakang dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada makhluk tersebut.

Meski begitu penduduk di daerah Kabupaten Muna dan Kabupaten Buton memanfaatkan daun kelor sebagai sayuran. Hal itu membuat mereka percaya bahwa kelor tidak hanya memiliki manfaat mistis, tapi juga dapat dijadikan bahan makanan yang sehat.

Baca Juga: Mistik: Pengalaman Seram di Lantai Dua Pasar Wuawua Kendari

Kisah mistis seputar pohon kelor sebagai pengusir parakang menjadi semakin menarik ketika masyarakat menceritakan pengalaman mereka dengan makhluk tersebut. Salah satu narasumber, Haridin (59) mengaku pernah mengalami pertemuan mistis dengan parakang ketika pulang malam dari berjualan di pasar.

Ia menceritakan dengan penuh penghayatan, sambil menunggu waktu berbuka puasa. Bahkan Haridin juga memperlihatkan bekas luka pada tangan sebelah kiri, yang didapatnya saat memukul parakang dengan menggunakan batang kelor.

"Saya melihat makhluk itu berdiri di tengah jalan, lalu saya ingat cerita orang tentang pohon kelor yang bisa mengusirnya. Saya mengambil batang kelor dan memukul parakang tersebut. Alhasil, makhluk itu melarikan diri dengan kesakitan," tutur Haridin, Jumat (7/4/2023).

Namun, tidak semua orang percaya dengan kisah mistis seputar pohon kelor. Seorang penduduk Kendari, Ahmad Wijaya mengatakan, cerita tentang pohon kelor sebagai pengusir parakang hanyalah mitos belaka. Menurutnya, makhluk jadi-jadian seperti parakang hanyalah hasil imajinasi manusia.

"Saya tidak percaya dengan cerita mistis tentang pohon kelor. Bagi saya, parakang hanya khayalan belaka dan tidak ada bukti nyata," tegasnya.

Meskipun begitu, kepercayaan masyarakat setempat terhadap kekuatan mistis pohon kelor sebagai pengusir parakang tetap kuat. Banyak orang yang berusaha menjaga dan merawat pohon kelor agar kekuatannya tetap terjaga. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai bahan makanan sehat.

Kota Kendari masih menyimpan banyak kisah mistis dan legenda yang menarik. Pohon kelor menjadi salah satu cerita mistis yang paling populer dan menarik perhatian. Terlepas dari benar atau tidaknya kepercayaan itu, pohon kelor tetap menjadi santapan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: Mistik: Selamat dari Kematian Karena Dijaga Khodam Berjubah Hitam

Tak hanya di Kendari, masyarakat di daerah Kabupaten Muna dan Kabupaten Buton juga memanfaatkan pohon kelor sebagai sayur bening. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat sayur kelor menjadi makanan yang sehat dan lezat. Banyak ibu-ibu di daerah tersebut yang menyajikan sayur kelor sebagai menu utama dalam hidangan sehari-hari.

Menurut Nuraini, salah satu ibu rumah tangga di Kabupaten Muna, sayur kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

"Saya sering memasak sayur kelor untuk keluarga saya. Selain enak, sayur kelor juga baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit," ungkapnya. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga