Mulai Hari Ini Masyarakat Bisa Mudik Gratis, Puncak Arus Mudik Diprediksi 2 Hari Jelang Lebaran

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 05 April 2024
0 dilihat
Mulai Hari Ini Masyarakat Bisa Mudik Gratis, Puncak Arus Mudik Diprediksi 2 Hari Jelang Lebaran
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kendari, bersama tim pengamanan dan BMKG Kendari memantau arus mudik Lebaran. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelayaran Dharma Indah, menyediakan fasilitas mudik gratis jelang Lebaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelayaran Dharma Indah, menyediakan fasilitas mudik gratis jelang Lebaran.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, para penumpang yang mudik menggunakan kapal gratis cukup antusias. Pemberangkatan pertama pukul 7:30, rute Kendari ke Raha melalui kapal Express Bahari 6E sebanyak 270 penumpang.

Kemudian pemberangkatan kedua rute Kendari ke Raha pukul 13:00 Wita melalui kapal Priscilia 88 dengan jumlah penumpang sebanyak 500 orang.

"Mudik gratis sebanyak 270, tiket gratis ini ada di Expresi Bahari 6E. Penumpang hari ini cukup banyak. Jadi kalau untuk tiket gratis ada tanggal 5 pagi sebanyak 270 penumpang dan siang lewat Priscilia 88 itu 500 tiket gratis lagi," kata Rahman, Kepala KSOP Kendari.

Kapal gratis tersebut diberikan kepada pemudik pada tanggal 5 April, 7 April dan 15 April 2024, dengan rute Kendari ke Raha dan Kendari ke Baubau.

Baca Juga: Nakes Siap Layani Pemudik di Posko Pengamanan Arus Mudik Muna Barat

Sementara itu, Rahman memprediksi puncak arus balik pada tanggal 8 April 2024, atau 2 hari jelang Lebaran Idul Fitri.

"Karena besok sudah mulai libur, hari ini sudah banyak penumpang. Jadi akan meningkat terus sampai Lebaran. Untuk pengamanan sudah siap dan lengkap," kata Rahman.

Salah seorang penumpang yang menggunakan tiket kapal gratis, Sinta, mengaku sangat senang dengan adanya tiket gratis, dia juga tidak perlu tergesa-gesa.

"Senang sih dengan adanya kapal gratis ini, selain tidak tergesa-gesa karena tiket juga terbatas, bersyukur dana juga aman," kata Sinta.

Baca Juga: Pemudik Sulawesi Tenggara Diprediksi Meningkat, Polda Buka Puluhan Posko dan Terjunkan Ribuan Personel

Sementara Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Luh Nyoman Didik Tri Utami mengatakan, saat ini gelombang masih kategori tenang hingga rendah sehingga masih aman untuk pelayaran.

"Mungkin yang diwaspadai cuacanya potensi hujan ringan hingga hujan sedang, masih berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Tenggara," katanya.

Cuaca dua tiga hari ke depan, kata dia, masih berpotensi hujan namun untuk Lebaran terpantau cerah. Masyarakat diimbau untuk tetap meng-update informasi dari BMKG. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga