Momen HUT Konawe KSK Ziarah Makam Gusli Topan Sabara

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 27 Februari 2023
0 dilihat
Momen HUT Konawe KSK Ziarah Makam Gusli Topan Sabara
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melakukan ziarah ke makam Gusli Topan Sabara untuk mendoakan almarhum dan melakukan tabur bunga. Foto: Ist.

" Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) melakukan ziarah ke makam Gusli Topan Sabara, di Desa Andaroa, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara "

KONAWE, TELISIK.ID - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) melakukan ziarah ke makam Gusli Topan Sabara, di Desa Andaroa, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (27/2/2023).

Almarhum Gusli Topan Sabara merupakan Wakil Bupati Konawe yang mendampingi KSK di periode kedua pemerintahannya.

Selain KSK, turut hadir Sekda Ferdinand Sapan, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Konawe, camat hingga sejumlah kades di Sampara. KSK dan peziarah lainnya disambut langsung istri almarhum, Cici Ita Ristianty dan putra sulung almarhum, Muhammad Thariq Sabara.

Baca Juga: Ipda Sarini, Polwan Pertama Jabat Kapolsek di Polres Muna

KSK bersama yang lainnya memanjatkan doa untuk keselamatan almarhum. Ritual ziarah diakhiri tabur bunga dan prosesi menyirami makam.

KSK mengungkapkan, Gusli Topan Sabara merupakan salah satu putra terbaik yang pernah dimiliki Konawe dan punya cukup banyak karya. Sebagai sahabat semasa hidup, dirinya merasa punya kewajiban untuk mengirimkan doa.

"Yang dibutuhkan almarhum saat ini adalah doa dari teman, anak, istri dan kerabat lainnya," ujarnya.

KSK mengungkapkan dirinya belum lama ini dikunjungi almarhum di rumahnya, saat itu ada salah seorang yang tengah duduk dengan wajah tertunduk tidak jauh darinya.

KSK mengira kalau sosok yang duduk tersebut adalah salah satu kadisnya. Namun setelah dikonfirmasi, yang bersangkutan mengaku tidak ada di tempat tersebut. Di situlah KSK mendapat firasat kalau orang yang barusan menyambanginya adalah almarhum Gusli Topan Sabara.

"Saya merasa kalau itu adalah almarhum. Makanya, di momen HUT Konawe ini kita sempatkan untuk ziarah," pungkasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tablig akbar di Kabupaten Konawe dihadiri oleh Ustadz Muhammad Subki Al-Bughury, dalam rangka HUT ke-63 Konawe, momen itu tak lupa juga mengirimkan doa kepada almarhum Gusli Topan Sabara yang semasa hidupnya menjabat sebagai Wabup Konawe, Minggu (26/2/2023) malam.

Dalam kegiatan istigasah dan doa bersama masyarakat serta majelis taklim dihadiri pula Kery Saiful Konggoasa dan Sekda Ferdinand Sapan serta forum komunikasi pimpina daerah (forkompinda).

Setelah mengirim doa, Ustadz Subki Al-Bughury mengatakan, dirinya sangat berduka cita atas wafatnya Gusli Topan Sabara, Kamis 5 Agusutus 2021 lalu yang telah meninggalkan seluruh masyarakat Konawe.

"Semoga almarhum diberikan tempat paling baik di sisi Allah SWT dan dilapangkan kuburnya. Keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan," kata ustadz saat tablig akbar di panggung utama HUT Konawe.

Dalam kegiatan doa itu, mereka melibatkan pihak majelis taklim silaturahim serta warga Konawe.

Baca Juga: Imbas COVID-19 Penduduk Miskin Kolaka Utara Naik

Menurut dia, Islam mengajarkan untuk saling mencintai, mengasihi dan saling berempati bagaikan satu tubuh.

"Jika salah satu anggotanya merasakan sakit, seluruh tubuh turut merasakannya, dan Insya Allah Almarhum Gusli tergolong kepada orang-orang yang syahid dan husnul khotimah," ucapnya.

Dalam kegiatan doa itu, Ustadz Subki juga memberikan tanya jawab seputar materi yang dibawakan dan yang berhasil menjawab diberikan berupa buku ciptaannya berjudul "booking kamar di surga" serta berupa Al quran dan wangi-wangian.

Sebagaimana diketahui, Muhammad Subki Al-Bughury, berketurunan darah empang Bogor adalah seorang pendakwah. Ia dikenal sebagai pengisi acara religi di berbagai stasiun televisi. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga