Profil Kompol Yuni Purwanti, Kapolsek di Astanaanyar yang Terjerat Kasus Narkoba

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Minggu, 21 Februari 2021
0 dilihat
Profil Kompol Yuni Purwanti, Kapolsek di Astanaanyar yang Terjerat Kasus Narkoba
Kompol Yuni Purwanti Dewi yang terjerat kasus narkoba. Foto: Repro RRI

" Saat ditangkap, Kompol Yuni tidak sendirian, ia bersama 11 orang lainnya di salah satu hotel di Bandung. "

BANDUNG, TELISIK.ID - Saat ini Kompol Yuni  yang juga Kapolsek di Kecamatan Asnataanyar, Kota Bandung, mendadak Viral usai ditangkap Propam Mabes Polri dan Propam Polda Jabar terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba.

Saat ditangkap, Kompol Yuni tidak sendirian, ia bersama 11 orang lainnya di salah satu hotel di Bandung.

Anda pasti penasaran siapa sebenarnya Kompol Yuni ini dan bagaimana latar belakangnya.

Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, Sabtu (20/2/2021), berikut ulasan mengenai profil Kompol Yuni Purwanti yang terjerat kasus narkoba dan viral saat ini.

Sang Polwan cantik ini bernama lengkap Yuni Purwanti Kusuma Dewi. Ia adalah seorang Perwira Polisi Wanita (Polwan) kelahiran Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, tanggal 23 Juni 1971.

Baca juga: Warga Keluhkan Puskesmas Pembantu di Butur Tak Punya Tenaga Medis

Kompol Yuni adalah seorang Polwan angkatan 1989, sekaligus anak ketiga dari AKBP Sumardi (alm). Diketahui bahwa Kompol Yuni Purwanti adalah sosok single parent dengan dua anak.

Sebagai salah satu Perwira Polisi, Kompol Yuni wajib melaporkan daftar harta kekayaan yang dimilikinya kepada KPK.

Dikutip dari elhkpn.kpk.go.id, Polwan yang kerap berpenampilan nyentrik ini diketahui memiliki harta kekayaan sebesar Rp 110 juta.

Menurut LHKPN, data tersebut dilaporkan Kompol Yuni pada tanggal 9 Maret 2020, saat dirinya masih menjabat sebagai Kapolsek Sukasari. Ia memiliki satu bidang tanah di Kota Bandung senilai Rp 350 juta.

Selain itu, Yuni juga diketahui memiliki mobil Toyota Avanza dengan nilai Rp 100 juta. Sementara aset lainnya seperti surat berharga, kas dan setara kas, serta harta lain, tidak dimilikinya.

Baca juga: Umrah Gratis Menanti Jawara STQ Muna

Selama menjadi seorang Polwan, Kompol Yuni pernah menempati sejumlah jabatan. Di antaranya adalah menjadi Kasat Reserse Narkoba di Polres Bogor serta pernah menempati sejumlah posisi di Polda Jabar.

Selebihnya, dirinya pernah menjadi Kapolsek di wilayah hukum Polrestabes Bandung. Yaitu Polsek Bojongloa Kidul, Polsek Sukasari, dan yang terakhir di Polsek Astanaanyar.

Sebelumnya, kabar Yuni terjerat kasus narkoba, memang sangat mengejutkan banyak pihak. Sebab, selama ini ia dikenal sebagai sosok Polwan yang berprestasi, pemberantas peredaran gelap, dan penyalahgunaan narkoba.

Ia bersama 11 anggota Polsek Astanaanyar lainnya ditangkap Selasa (16/2/2021). Saat ini, ke-12 anggota Polri tersebut tengah diperiksa intensif personel Bid Propram Polda Jabar.

Tes urin yang dilakukan menyatakan, bahwa mereka positif mengonsumsi amphetamine atau sabu. 

Dengan bukti tersebut, mereka terancam penurunan pangkat dan dipecat dari keanggotaannya sebagai anggota Korps Bhayangkara. Demikian profil Kompol Yuni Purwanti, Kapolsek Astanaanyar yang terlibat narkoba. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga