Mudah dan Cepat, Ini 4 Platform Tanda Tangan Elektronik

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 25 Oktober 2022
0 dilihat
Mudah dan Cepat, Ini 4 Platform Tanda Tangan Elektronik
Aplikasi tanda tangan adalah solusi terbaik untuk kamu yang membutuhkan tanda tangan digital. Foto: Repro Kompas.com

" Dengan tanda tangan digital, pengirim bisa memberi jaminan atas identitas maupun kebenaran dari dokumen yang dikirim "

KENDARI, TELISIK.ID - Seperti yang kita ketahui, tanda tangan merupakan salah satu hal terpenting atas keabsahan suatu dokumen. Namun sejak adanya COVID-19 pada 2019 lalu, untuk mendapat tanda tangan konvensional pun membutuhkan proses dan waktu yang lama.

Oleh sebab itu, muncul layanan tanda tangan elektronik yang diharapkan dapat membuat proses penandatanganan dokumen menjadi lebih efisien.

Mengutip Kumparan.com, tanda tangan digital adalah tanda tangan yang dibuat dengan metode autentikasi menggunakan aplikasi tekonologi asimetris kriptografi.

Teknologi ini merupakan sistem pengacakan suatu pesan menggunakan sepasang kunci, yakni kunci privat dan kunci publik. Sistem ini menjamin keaslian pesan elektronik dan integritas substansi pesan.

Dengan tanda tangan digital, pengirim bisa memberi jaminan atas identitas maupun kebenaran dari dokumen yang dikirim. Hal ini karena dokumen yang dikirimkan sudah dienkripsi menggunakan kunci privat.

Di samping itu, tanda tangan digital sudah diakui secara hukum di Indonesia. Tepatnya diatur pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Traksasi Elektronik (UU ITE) dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Lantas apa saja aplikasi tanda tangan yang bisa digunakan? Berikut daftarnya:

1. Adobe Fill Sign

Adobe Fill Sign merupakan aplikasi populer dan tepercaya dalam membuat tanda tangan digital. Aplikasi ini digunakan untuk membubuhkan tanda tangan digital dalam dokumen format PDF. Adobe Fill Sign bisa digunakan secara gratis selama tujuh hari dan tersedia untuk sistem operasi HP Android dan iOS.

Baca Juga: Hewan Ini Bisa Hidup Tanpa Kepala Selama 9 Hari

Cara menggunakannya sangat sederhana. Kamu hanya perlu melakukan tangkapan layar untuk dokumen yang akan ditandatangani, mengatur gambar agar proporsional, lalu membubuhkan tanda tangan di dalamnya dengan instan.

2. Sign Now

Aplikasi tanda tangan selanjutnya adalah Sign Now. Aplikasi ini dinilai sangat mobile friendly sehingga mudah digunakan oleh semua orang.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyetujui, mengirimkan dan menandatangani dokumen secara online dari perangkat apa pun. Sign Now bisa diunduh pada Appstore untuk iOS dan Google Playstore untuk Android.

3. CamScanner

Dikutip dari Cnnindonesia.com, aplikasi CamScanner menyediakan e-sign bagi pengguna di Indonesia. Aplikasi ini bisa digunakan baik untuk pengguna iOS maupun Android. Pada toko aplikasi AppStore aplikasi ini berukuran 187MB, sedangkan di Android berukuran 64MB.

Sejak diluncurkan pada tahun 2011, CamScanner merupakan aplikasi mobile yang memberikan layanan pada penggunanya untuk melakukan scanning, meng-edit, dan mengelola dokumen.

Berikut cara untuk membuat e-sign atau tanda tangan elektronik pakai CamScanner:

- Download aplikasi CamScanner di smartphone Anda.

- Pilih Shortcuts.

- Ketuk Sign.

- Pilih file yang hendak ditanda tangan.

- Setelah dibuka, pilih 'add signature'. Tampilan otomatis akan meminta pengguna untuk menangkap camera tanda tangan Anda. Maka siapkan tanda tangan dalam secarik kertas.

- Secara otomatis tanda tangan akan ada di file dokumen yang harus ditanda tangani.

Baca Juga: Ini Fakta Ilmiah Mengapa Mata Kucing Menyala di Tempat Gelap

4. Signaturely

Kemudian daftar platform untuk tanda-tangan elektronik atau e-sign adalah Signaturely. Lewat situs ini pengguna bisa membuat tanda tangan dengan cara manual dan otomatis.

Untuk mengaksesnya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

- Akses website Signaturely.com lewat browser.

- Ketuk menu 'Draw youre signature.'

- Masukkan tanda tangan ke kolom yang tersedia.

- Atur ketebalan, warna dan kemiringan tanda tangan.

- Kemudian download e-sign untuk menyimpan tanda tangan secara digital. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Baca Juga