adplus-dvertising
Logo Telisik.id

Munas Kadin di Kendari, Ini Harapan Pelaku UMKM

1275 dibaca Munas Kadin di Kendari, Ini Harapan Pelaku UMKM

Para pelaku UMKM saat memperlihatkan produk hasil usahanya. Foto: Ist.

" Wakil Ketua Forum UMKM-IKM Sultra, Amrin Amrullah mengatakan, di tengah lesunya ekonomi akibat terjangan pandemi COVID-19, pelaku usaha tentu berharap dengan kedatangan para pengusaha nasional di Munas Kadin kali ini bisa menggerakkan roda ekonomi"

KENDARI, TELISIK.ID - Musyawarah Nasional (Munas) Kadin VIII di Kota Kendari tinggal seminggu lagi. Berbagai persiapan dan harapan pun dilontarkan berbagai pihak, termasuk pelaku UMKM.

Wakil Ketua Forum UMKM-IKM Sultra, Amrin Amrullah mengatakan, di tengah lesunya ekonomi akibat terjangan pandemi COVID-19, pelaku usaha tentu berharap dengan kedatangan para pengusaha nasional di Munas Kadin kali ini bisa menggerakkan roda ekonomi.

Pasalnya, Kadin tentu berbeda dengan organisasi-organisasi yang mengumpulkan pengusaha, mengingat Kadin lahir berdasarkan amanat Undang-Undang (UU) No. 1 tahun 1987, khususnya dalam pasal 1 dalam UU tersebut.

"Kalau melihat penjelasn UU itu, maka tentu kita berharap Kadin bisa hadir menjadi lokomotif utama dalam menggerakkan ekonomi negeri ini, dengan merangkul semua elemen usaha, tak terkecuali pelaku UMKM," katanya, Kamis (24/6/2021).

Lebih lanjut, ia menambahkan, Kadin bukanlah kumpulan orang-orang yang hanya mengurus tambang nikel yang lagi bergeliat di daerah ini.

Kadin juga, kata dia, bukan kumpulan orang-orang yang hanya mengurus proyek besar, tapi Kadin adalah milik semua pengusaha negeri ini, baik usaha besar ataupun kecil.

Baca Juga: Jokowi Dipastikan Buka Munas VIII Kadin di Kendari

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi: Sultra Aman untuk Pelaksanaan Munas Kadin

Saat pemerintah sangat serius dalam upaya mendorong sektor riil dalam menggerakkan roda ekonomi negeri ini, dengan menggelontorkan anggaran yang cukup besar ke para pelaku UMKM, maka tentu Kadin juga seharusnya berada di garda terdepan ikut menggairahkan UMKM.

"Kita berharap Munas Kadin kali ini bisa memberikan sedikit ruang kepada pelaku UMKM untuk ikut memberikan sumbang saran kepada semua calon ketua umum, agar ke depannya siapapun yang terpilih menjadi Ketua Kadin bisa secara serius ikut mendorong bangkitnya UMKM," pungkasnya.

Diketahui, Munas Kadin 2021 akan dibuka oleh Presiden Jokowi di Masjid Al Alam, kawasan Teluk Kota Kendari pada 30 Juni mendatang.

Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian Munas Kadin Kendari 2021, yang dipusatkan di Hotel Claro Jl Edi Sabara Kelurahan Lahundape, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video