Mahasiswa UHO Dihimbau Tak Terima Tawaran Calo Pembayaran UKT

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Minggu, 22 Januari 2023
0 dilihat
Mahasiswa UHO Dihimbau Tak Terima Tawaran Calo Pembayaran UKT
Sering kena tipu calo pada saat pembayaran UKT, BEM UHO himbau tidak menerima tawaran dan iming-iming calo. Foto: Ist.

" Sering kena tipu calo pada saat pembayaran uang kuliah tunggal (UKT), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari himbau seluruh mahasiswa untuk tidak menerima iming-iming dan tawaran calo "

KENDARI, TELISIK.ID - Sering kena tipu calo pada saat pembayaran uang kuliah tunggal (UKT), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari himbau seluruh mahasiswa untuk tidak menerima iming-iming dan tawaran calo.

Pembayaran UKT mahasiswa UHO tidak lama lagi, namun menjadi persoalan banyaknya oknum calo yang ikut bermain memanfaatkan situasi untuk kepentingan pribadi.

Sebelumnya, mahasiswa diresahkan dengan banyaknya kena tipu calo yang menerima pembayaran UKT dan ramai-ramai mengadu ke pihak rektorat terkait dugaan kena tipu calo pemotongan UKT.

Untuk mengantisipasi itu, Wakil Rektor (Warek) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UHO Kendari, Nur Arafah, menekankan mahasiswa diimbau tidak mempercayai iming-iming dan tawaran pemotongan UKT. Jika itu terjadi, maka sistem akan mendeteksi dan dengan sendirinya siakad mahasiswa yang bersangkutan akan di non aktifkan.

Baca Juga: Mahasiswa UHO Keluhkan Koneksi Internet di Lingkungan Kampus

"Siapapun akan kena sanksi dan itu akan ketahuan mahasiswa. Padahal kasus UKT ini sering berulang, agar tidak terjadi lagi harus diberikan efek kerja, ini merugikan mahasiswa dan institusi," jelas Nur Arafah, Minggu (22/1/2023).

Tak hanya itu, dukungan dari para dosen dan unsur civitas akademik agar membantu mensosialisasikan kepada mahasiswanya, jika pembayaran UKT ada batas waktu dan besarannya sudah ditentukan. Sosialisasi segala instrumen media dan birokrasi kampus untuk bersama sama mengingatkan agar tidak melayani calo UKT dalam bentuk apapun.

Ketua BEM UHO, Abdullah Al-hayad Arafah berharap, persoalan dilayani calo tidak terjadi lagi, olehnya dengan langkah kelembagaan agar bersinergi dalam menggaungkan tolak calo UKT melalui media sosial.

"Seandainya masih sama menerima calo UKT, berarti itu di luar kehendak kelembagaan dan murni kesalahan mahasiswa. Langkah dari lembaga kemahasiswaan jika ada oknum calo, akan diadukan ke pihak yang berwajib dan bisa di proses secara hukum. Itukan merugikan mahasiswa," pungkasnya.

Baca Juga: Dua Mahasiswa UHO Kendari Raih Juara 3 Lomba English Debate Nasional

Ia juga berharap, dengan adanya media sosial dapat diakses di mana pun, dan dapat membantu memberikan efek yang lebih luas dan besar kepada mahasiswa berbentuk himbauan tolak calo UKT ini.

Sementara Wakil Ketua BEM UHO, Defrian menegaskan, kelembagaan akan terus mengkampanyekan di setiap unsur pimpinan lembaga kemahasiswaan dan sosial media, agar menolak keras persoalan calo yang kerap kali terjadi di kalangan mahasiswa.

"Untuk tata cara membayar SPP akan disosialisasikan secara menyeluruh, sesuai prosedur yang telah diatur oleh pihak kampus. Agar mahasiswa bisa lebih paham," ujarnya

Terakhir, adapun persoalan yang dialami mahasiswa ke depan akan ditampung dan disampaikan kepada pihak kampus untuk diberikan alternatif bagi korban calo, misal diberi kebijakan untuk mencicil UKT-nya. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS  

Artikel Terkait
Baca Juga