Naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Tunggu Keppres Jokowi

Merdiyanto , telisik indonesia
Kamis, 19 September 2024
0 dilihat
Naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Tunggu Keppres Jokowi
Eliano dan Mees Hilgers saat bertemu dengan Erick Thohir. Foto: Repro Instagram @erickthohir

" Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) resmi menyetujui naturalisasi dua pesepak bola Eliano Reijnders dan Mees Hilgers dalam Rapat Paripurna "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) resmi menyetujui naturalisasi dua pesepak bola Eliano Reijnders dan Mees Hilgers dalam Rapat Paripurna, Kamis (18/9/2024).

Dilansir dari republika.co.id, setelah melalui proses persetujuan, tahap selanjutnya adalah penerbitan Keppres oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan proses naturalisasi.

“Kami meminta persetujuan kepada rapat paripurna hari ini, apakah permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama saudara Eliano Johannes Reijnders dan Mees Victor Joseph Hilgers dapat disetujui?” tanya pemimpin rapat paripurna Wakil Ketua DPR RI, H Lodewijk F Paulus.

Baca Juga: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Akan Ambil Sumpah WNI di Belanda

Setelah seluruh peserta rapat menyetujui pertanyaan yang diajukan oleh Lodewijk Paulus, DPR RI secara resmi memutuskan untuk melanjutkan proses naturalisasi sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Sebelum mengajukan pertanyaan persetujuan, purnawirawan TNI AD dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal TNI ini, menginformasikan bahwa Komisi III dan X DPR RI telah menyepakati permohonan kewarganegaraan kedua pesepak bola tersebut.

Dengan demikian proses naturalisasi Eliano dan Mees akan selesai setelah diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) oleh Presiden Joko Widodo.

Setelah Keppres Presiden diterbitkan, Eliano dan Mees wajib mengucapkan sumpah setia untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

Dikarenakan kesibukan keduanya dalam membela klub di Belanda dan jadwal pertandingan yang padat, pengambilan sumpah dilaksanakan di negara tersebut di luar periode FIFA Matchday seperti dilansir dari tribunnews.com.

Baca Juga: Komisi X DPR RI Setujui Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Langkah Berikut Paripurna

Seperti diketahui, proses naturalisasi Elinao Rijnders dan Mees Hilgers dipercepat dengan tujuan agar keduanya dapat segera memperkuat Timnas Indonesia dalam pertandingan tandang melawan Bahrain dan China pada bulan Oktober mendatang.

Tambahan informasi, Eliano Reijnders, adik kandung gelandang AC Milan Tijjani Reijnders, saat ini bermain sebagai bek kanan atau kiri untuk klub Eredivisie Belanda, PEC Zwolle.

Baik Eliano Reijnders maupun Mees Hilgers memiliki darah Indonesia melalui ibu mereka. Eliano, yang ibunya berasal dari Ambon, Jakarta, dan Mees, yang ibunya dari Sulawesi Utara. Keduanya saat ini bermain di klub-klub top Liga Belanda. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga