Negara dengan IQ Tertinggi di Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 19 Januari 2024
0 dilihat
Negara dengan IQ Tertinggi di Dunia
Jepang merupakan negara dengan urutan pertama yang paling pintar berdasarkan IQ. Foto: Harianesemarang.com

" Manusia berperan besar dalam aktivitas, teknologi, dan peradaban di bumi. Kepintaran merupakan sesuatu yang subjektif dan selalu ada perdebatan mengenainya. Salah satu hal yang dapat dijadikan hasil dari kepintaran adalah temuan "

TOKYO, TELISIK.ID - Manusia berperan besar dalam aktivitas, teknologi, dan peradaban di bumi. Kepintaran merupakan sesuatu yang subjektif dan selalu ada perdebatan mengenainya. Salah satu hal yang dapat dijadikan hasil dari kepintaran adalah temuan.

Menentukan negara-negara terpintar di dunia adalah hal yang rumit dan melibatkan faktor-faktor seperti kemampuan melek huruf, skor IQ, Hadiah Nobel, dan hasil tes yang terstandarisasi.

Beberapa studi intelijen dunia yang paling terkenal dan dipublikasikan secara luas dilakukan oleh psikolog Inggris Richard Lynn. Dalam studi tahun 2019 bertajuk The Intelligence of Nations, Lynn dan kolaborator David Becker mengukur rata-rata IQ warga negara di 132 negara dan menghitung perkiraan skor untuk 71 negara lainnya.

Baca Juga: Selebaran Sesat Beredar di Rumah Makan, Ada Narasi Ajakan Keluar dari Agama Islam

Berikut daftar negara terpintar berdasarkan IQ seperti dikutip dari Worldpopulationreview:

1. Jepang - 106,49

2. Taiwan - 106,47

3. Singapore - 105,89

4. Hong Kong - 105,37

5. China - 104,10

6. South Korea - 102,35

7. Belarus - 101,60

8. Finlandia - 101,20

9. Liechtenstein - 101,07

10. Belanda & Jerman - 100,74

Baca Juga: Arab Halalkan Alkohol, Resmi Buka Pabrik Bir demi Wujudkan Hal Ini

Mengutip Bisnis.com, adapun catatan negara terpintar dengan menghitung kecerdasan dengan memasukkan beberapa faktor pada 2019.

Ini memasukkan jumlah Hadiah Nobel yang telah dimenangkan setiap negara untuk mewakili kecerdasan bersejarah, IQ rata-rata saat ini, dan 'pencapaian pendidikan' untuk mewakili potensi kecerdasan generasi berikutnya.

Asia dan Eropa mendominasi daftar, dengan Jepang menempati posisi teratas. AS berada di urutan keempat dan Eropa memiliki lima negara yang masuk ke dalam sepuluh besar, Swiss di urutan kedua, Belanda di urutan kelima, Rusia di urutan keenam, Belgia di urutan ketujuh , dan Inggris di urutan kedelapan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga