Negara Ini Kunci Warganya yang Belum Vaksin

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 15 November 2021
0 dilihat
Negara Ini Kunci Warganya yang Belum Vaksin
Warga Austria yang dikunci. Foto: Repro Sindonews

" Pemerintah Austria telah memerintahkan penguncian (lockdown) nasional bagi masyarakat yang belum divaksinasi mulai Senin (15/11/2021) tengah malam "

WINA, TELISIK.ID - Pemerintah Austria telah memerintahkan penguncian (lockdown) nasional bagi masyarakat yang belum divaksinasi mulai Senin (15/11/2021) tengah malam.

Aturan baru ini ditegakkan guna menekan angka infeksi dan kematian akibat COVID-19.

"Tugas kami sebagai pemerintah Austria untuk melindungi rakyat. Oleh karena itu kami memutuskan bahwa mulai Senin ... akan ada penguncian untuk yang tidak divaksinasi," kata Kanselir Alexander Schallenberg di Wina, dikutip dari CBC News, Senin (15/11/2021).

Schallenberg mengatakan, lockdown akan berlangsung selama 10 hari. Polisi dan pasukan tambahan juga akan berpatroli untuk memeriksa orang-orang di luar untuk memastikan mereka divaksinasi.

Schallenberg juga meminta orang-orang yang telah divaksinasi untuk mendapatkan suntikan booster mereka. "Jika masyarakat tidak suntik booster, kita tidak akan pernah keluar dari lingkaran setan ini," katanya lagi.

Aturan lockdown akan melarang orang berusia 12 tahun ke atas yang tidak divaksinasi meninggalkan rumah mereka kecuali bekerja, berbelanja bahan makanan, atau divaksinasi COVID-19. Orang yang tidak divaksinasi akan didenda hingga 1.450 euro atau sekitar Rp 23,6 juta (asumsi Rp 16.280/euro) (US$ 1.660) jika mereka melanggar dan bepergian saat lockdown.

Baca Juga: Ribuan Warga Thailand Turun ke Jalan, Raja Digoyang

Dilansir dari Cnbcindonesia, kantor berita APA melaporkan lockdown akan mempengaruhi sekitar 2 juta orang di negara Alpen berpenduduk 8,9 juta tersebut. Namun lockdown tidak berlaku untuk anak di bawah 12 tahun karena mereka belum bisa divaksinasi secara resmi.

Lockdown sendiri dilakukan agar kinerja staf rumah sakit tidak terlalu terbebani dengan peningkatan kasus infeksi dan kematian COVID-19. Austria memiliki salah satu tingkat vaksinasi terendah di Eropa Barat. Hanya sekitar 65?ri total populasi yang divaksinasi lengkap.

Dalam beberapa pekan terakhir, Austria juga menghadapi peningkatan infeksi yang mengkhawatirkan. Pihak berwenang melaporkan 11.552 kasus baru pada hari Minggu, dengan seminggu yang lalu ada 8.554 infeksi harian baru.

Kematian juga meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Pada Minggu, 17 kematian baru dilaporkan. Secara keseluruhan, jumlah kematian pandemi Austria mencapai 11.706 kasus.

Baca Juga: Bukan Lagi COVID-19, India Lockdown Saat Ini karena Polusi

Tingkat infeksi tujuh hari mencapai 775,5 kasus baru per 100.000 penduduk. Sebagai perbandingan, angkanya berada di 289 di negara tetangga Jerman, yang juga telah membunyikan alarm atas peningkatan jumlah tersebut.

Menurut data Worldometers, Austria kini tercatat memiliki total 959.652 kasus infeksi dan 11.706 kematian. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga