Nonton Formula E, Jokowi: Balap Mobil Listrik Akan Jadi Ajang Olah Raga Masa Depan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 04 Juni 2022
0 dilihat
Nonton Formula E, Jokowi: Balap Mobil Listrik Akan Jadi Ajang Olah Raga Masa Depan
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menghadiri Kejuaraan balap mobil listrik Formula E di Jakarta. Foto: Repro Instagram jakartaeprixofficial

" Kejuaraan balap mobil listrik Formula E di Jakarta hari ini, Sabtu (4/6/2022), disaksikan berbagai pihak, termasuk Presiden Jokowi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kejuaraan balap mobil listrik Formula E di Jakarta hari ini, Sabtu (4/6/2022), disaksikan berbagai pihak, termasuk Presiden Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyebut kejuaraan balap mobil listrik Formula E bakal menjadi ajang olah raga masa depan. Sebab balapan tersebut menggunakan kendaraan berbasis energi listrik.

Usai menyaksikan Jakarta E-Prix 2022 yang merupakan salah satu rangkaian Formula E 2021-22 itu, Jokowi mengatakan penggunaan kendaraan listrik sejalan dengan arah industri Indonesia yang sedang merintis produksi mobil listrik dan berbagai komponennya.

“Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti ada pergeseran dari mobil yang sekarang ke banyak nanti pemakai mobil listrik sehingga ini jadi tontonan yang ke depan akan semakin digemari,” kata Presiden, dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id.

Apalagi, kata Jokowi, Indonesia saat ini sedang membangun ekosistem industri mobil listrik, mulai dari industrialisasi bahan baku nikel, pembangunan instalasi pengolahan (smelter) nikel, pembangunan industri baterai litium dan juga produksi mobil listrik.

Baca Juga: Soal Pj Kepala Daerah, Mendagri Tito Dilaporkan ke Ombudsman

Olehnya itu, tambah dia, Formula E juga telah memperkenalkan teknologi kendaraan listrik dan industri kendaraan ramah lingkungan.

“Saya kira teknologi yang dipertontonkan akan juga mendukung ke arah sana, semuanya akan menuju ke ramah lingkungan,” katanya.

Jokowi juga mengapresiasi penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022 hari ini yang berjalan lancar di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta.

Lebih lanjut, Jokowi berharap sirkuit tersebut dapat kembali menyelenggarakan ajang balap di waktu yang akan datang.

“Kalau bisa setiap minggu ada terus, akan lebih baik. Kalau bisa setiap tahun 10 kali, 15 kali akan lebih baik,” kata Presiden.

Turut mendampingi Presiden saat menyaksikan Jakarta E-Prix 2022, antara lain, Ketua DPR Puan Maharani Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, serta Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix Ahmad Sahroni.

Untuk diketahui, mengutip sindonews.com, Kejuaraan Dunia Formula E adalah sebuah olahraga khusus otomotif balap mobil kursi tunggal yang hanya menggunakan mobil listrik saja.

Baca Juga: Dewan Pers Tegaskan Akan Jadi Mitra Kritis Pemerintah

Perlombaan resmi Formula E pertama kali digelar di Beijing, Tiongkok pada bulan September 2014. Namun pada 2020, akhirnya Formula E berhasil mendapatkan status sebagai pengaturan tingkat dunia.

Untuk pertama kalinya, balap mobil listrik kelas dunia atau Kejuaraan Dunia Formula E akan berlangsung di Jakarta, Indonesia. Jakarta menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah perhelatan Formula E. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Baca Juga