Operasi Anoa 2023 di Kolaka Timur Dilakukan Mobile

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 10 Juli 2023
0 dilihat
Operasi Anoa 2023 di Kolaka Timur Dilakukan Mobile
Penyematan pita kepada personel Operasi Patuh Anoa 2023 Polres Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pelaksanaan Operasi Anoa ini akan dilakukan secara mobile dengan sasaran orang, benda maupun tempat "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Dalam upaya meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas, Polres Kolaka Timur melaksanakan Operasi Patuh Anoa tahun 2023.

Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, dimulai dari tanggal 10 hingga 23 Juli 2023 serentak di seluruh Indonesia. Operasi Patuh Anoa menekankan pentingnya patuh dan tertib berlalu lintas sebagai cerminan moralitas bangsa.

Kapolres Kolaka Timur, AKBP Yudhi Palmi DJ mengatakan, jumlah personel yang akan diturunkan dalam operasi ini sebanyak 22 orang.

"22 personel ini murni dari Satuan Lalu Lintas Polres Kolaka Timur," ungkapnya, Senin (10/7/2023).

Yudhi menjelaskan, dalam pelaksanaan operasi ini akan dilakukan secara mobile dengan sasaran orang, benda maupun tempat.

Baca Juga: Operasi Patuh Anoa, Ini Pesan Kapolres Muna

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan operasi ini pihaknya menargetkan pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, pengendara yang boncengan melebihi 1 orang.

Selain itu, lanjut Kapolres, pengemudi yang tidak menggunakan safety belt untuk mobil, tidak menggunakan helm SNI, pengendara yang mengonsumsi alkohol, pengemudi yang melawan arus serta pengemudi yang membawa kendaraan melebihi batas kecepatan.

"Jadi semua ada 7 sasaran, dan untuk sasaran lainnya itu menyesuaikan," ungkapnya.

Kapolres menjelaskan, pihaknya saat ini tetap menggunakan sistem tilang manual, terkait pembayaran denda secara teknis akan dilakukan oleh pihak Satuan Lalu Lintas Polres Kolaka Timur.

Kapolres berharap dengan adanya operasi patuh ini seluruh masyarakat Kolaka Timur lebih tertib dalam berlalu lintas serta menaati segala peraturan serta menjaga keselamatan berlalu lintas.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kolaka Timur, IPTU Muhlisi mengatakan, untuk sistem operasi ini akan dilakukan secara mobile.

"Dimana tempat-tempat yang rawan pelanggaran dan kecelakaan, disitulah anggota akan melakukan kegiatan operasi," ungkapnya.

Baca Juga: Operasi Patuh Toba 2023 Sumatera Utara, Polisi Harus Humanis

Muhlisi menjelaskan, dalam operasi ini dibagi menjadi beberapa satgas, yakni satgas preemtif, satgas preventif, satgas gakum, dan satgas banops.

Dimana, lanjut Muhlisi, satgas preemtif menjalankan tugas untuk melakukan imbauan kepada masyarakat seperti memasang spanduk, baliho, dll, kemudian satgas preventif melakukan pengaturan, patroli di tempat-tempat yang rawan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

"Sementara itu satgas gakum melakukan teguran kepada pelanggan lalu lintas dengan melakukan tilang manual, dan satgas banops yang dipimpin oleh Kasi Propam akan melakukan tindakan kepada anggota lalu lintas yang melanggar lalu lintas," pungkasnya.  (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga