Operasi Patuh Anoa 2023, Pelanggar Lalu Lintas di Kolaka Timur Hanya Dapat Teguran

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 13 Juli 2023
0 dilihat
Operasi Patuh Anoa 2023, Pelanggar Lalu Lintas di Kolaka Timur Hanya Dapat Teguran
Pelaksanaan Operasi Patuh Anoa 2023 puluhan kendaraan di Kolaka Timur mendapat teguran. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Sejak dimulai 10 Juli lalu, puluhan kendaraan yang melanggar lalu lintas dalam Operasi Patuh Anoa 2023, hanya mendapat teguran "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Operasi Patuh Anoa 2023 di Kabupaten Kolaka Timur, sudah berlangsung selama 4 hari. Sejak dimulai 10 Juli lalu, puluhan kendaraan yang melanggar lalu lintas mendapat teguran.

Kaurbin Ops Satuan Lalu Lintas Polres Kolaka Timur, Ipda Anton Ansar mengungkapkan, selama 4 hari pelaksanaan operasi keselamatan anoa 2023, sudah puluhan kendaraan yang mendapat teguran karena melanggar.

"Hari ini saja sudah ada 20 kendaraan yang mendapat teguran," ujarnya, Kamis (13/7/2022).

Ia juga mengungkapkan, untuk saat ini para pelanggar lalu lintas hanya mendapat teguran saja, kecuali pelanggaran pengendara sangat parah barulah dilakukan tindak tilang.

"Pelanggar lalu lintas didominasi kendaraan roda dua," tambahnya.

Baca Juga: Operasi Anoa 2023 di Kolaka Timur Dilakukan Mobile

Anton mengatakan, ada beberapa titik lokasi giat Operasi Patuh Anoa yang dilakukan Satuan Lantas Polres Kolaka Timur, yakni di depan kantor Polres Kolaka Timur, pertigaan Pertamina Rate-Rate, jalan poros Kolaka-Koltim depan Pertamina Lalingato, serta perbatasan Kolaka Timur dan Konawe.  

"Untuk titik kita lakukan secara mobile agar tidak ada penumpukan pengendara yang menghindari razia," ujarnya.

Anton Ansar menjelaskan, kegiatan operasi ini juga merangkaikan pembagian brosur imbauan kepada masyarakat tentang Operasi Patuh Anoa.

"Selain brosur kita juga menempelkan stiker himbauan di kendaraan bermobil," ungkapnya.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Kolaka Timur, Iptu Muhlisi mengatakan, untuk sistem operasi ini dilakukan secara mobile.

"Dimana tempat-tempat yang rawan adanya pelanggaran dan kecelakaan disitulah anggota akan melakukan kegiatan operasi," ungkapnya.

Muhlisi menjelaskan dalam operasi ini dibagi menjadi beberapa satgas, yakni satgas preemtif, satgas preventif, satgas gakum, dan satgas banops.

Baca Juga: Dimulai Hari Ini, Operasi Patuh Anoa 2023 Sasar 7 Jenis Pelanggaran

Sementara itu, Kapolres Kolaka Timur AKBP Yudhi Palmi DJ menuturkan, sasaran Operasi Patuh Anoa 2023 di antaranya pelanggaran tidak menggunakan helm, melawan arus, menggunakan handphone saat berkendara, berkendara dengan pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur dan pelanggaran kasat mata lainnya.

"Personel Satlantas Polres Kolaka Timur mengedepankan preventif dan penegakan hukum secara selektif prioritas terhadap pengemudi yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, dengan mengedepankan pendekatan humanis," terangnya.

Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, dimulai dari tanggal 10 hingga 23 Juli 2023 di seluruh wilayah Indonesia. Operasi Patuh Anoa bertujuan untuk menekankan pentingnya patuh dan tertib berlalu lintas sebagai cerminan moralitas bangsa. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga