Pabrik Tandon di Kota Baubau Beroperasi Tidak Sesuai Izin Lokasi, 2 Karyawan Jadi Korban

Elfinasari, telisik indonesia
Sabtu, 25 November 2023
0 dilihat
Pabrik Tandon di Kota Baubau Beroperasi Tidak Sesuai Izin Lokasi, 2 Karyawan Jadi Korban
Kasat Pol PP Kota Baubau, La Ode Muhammad Takdir bersama Lurah Waborobo, Hariadi saat ditemui di lokasi pabrik tandon di Kelurahan Waborobo. Foto: Elfinasari/Telisik

" Pabrik tandon yang terletak di Kelurahan Waborobo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, ternyata tidak sesuai izin lokasi, hingga diduga sebabkan 2 korban "

BAUBAU, TELISIK.ID - Pabrik tandon yang terletak di Kelurahan Waborobo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, ternyata tidak sesuai izin lokasi, hingga diduga sebabkan 2 korban.

Menurut Kasat Pol PP Kota Baubau, La Ode Muhammad Takdir, pabrik tandon yang berada di Waborobo tersebut sudah diawasi polisi dan izinnya akan berakhir Desember 2024 ini.

“Saya koordinasi dengan Lurah Waborobo hingga saat ini sudah tidak terdapat aktivitas dan sampai hari ini sudah tidak terdapat industri dan penjualan karena pabriknya sudah ditutup,” tuturnya, Sabtu (25/11/2023).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Suarmawati mengatakan, pabrik Roton Jaya tersebut memiliki izin industri dan izin perdagangan. Namun, berlokasi di Kelurahan Kadolokatapi, Kecamatan Wolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

"Sudah ada izin industri dan perdagangan, tapi izin itu berlokasi di Kelurahan Kadolokatapi, bukan di Kelurahan Waborobo," tuturnya.

Baca Juga: Pabrik Tandon di Kota Baubau Tak Berizin, Dua Karyawan Alami Luka Bakar

Kegiatan industri di Kelurahan Waborobo ini dihentikan karena menuai penolakan masyarakat dan melanggar tata ruang.

Sebelumnya, sudah terdapat lokasi di Kelurahan Kadolokatapi, tapi karena IMB berdampingan dengan gedung kampus UMB yang sudah berdiri, sehingga diberi kesempatan selama 6 bulan untuk memasarkan tandon yang telah dibuat dan lokasinya dipindahkan ke Kelurahan Kaisabu Baru.

Baca Juga: Keterbatasan Alat, BPBD Buton Selatan Modifikasi Tandon Jadi Tangki Trailler Salurkan Air Bersih

“Kami tidak mengizinkan produksi tandon tetapi hanya memasarkan saja tandon yang sudah jadi sebelumnya, sambil menunggu pembangunan gedung baru di Kelurahan Kaisabu Baru," tambahnya.

Mengenai korban kecelakaan kerja akibat aktivitas produksi, Lurah Waborobo, Hariadi, membenarkan hal tersebut.

“Terdapat dua orang karyawan yang merupakan warga Kelurahan Waborobo yang mengalami luka bakar, diduga akibat dari aktivitas pabrik tanpa izin di lokasi tersebut,” tutupnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga