Keterbatasan Alat, BPBD Buton Selatan Modifikasi Tandon Jadi Tangki Trailler Salurkan Air Bersih

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 05 September 2023
0 dilihat
Keterbatasan Alat, BPBD Buton Selatan Modifikasi Tandon Jadi Tangki Trailler Salurkan Air Bersih
BPBD Buton Selatan salurkan air bersih ke desa-desa dengan memodifikasi tandon menjadi tangki trailler agar penyaluran air lebih cepat. Foto: Ist.

" Terkendala keterbatasan alat untuk menyalurkan bantuan air bersih, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buton Selatan memodifikasi tandon air menjadi tangki trailler "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Terkendala keterbatasan alat untuk menyalurkan bantuan air bersih, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, berinovasi dengan memodifikasi tandon air menjadi tangki trailler.

Hal itu dilakukan untuk memudahkan penyaluran air bersih ke desa-desa yang dilanda krisis air bersih. Ide dan gagasan ini lahir disebabkan keterbatasan peralatan yang hingga saat ini BPBD Buton Selatan belum memiliki tangki trailler air bersih.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Buton Selatan, La Ode Risawal, menuturkan, tanpa tangki trailler, pendistribusian atau penyaluran air bersih ke desa-desa akan berjalan lamban.

"Sehingga kami bersama rekan-rekan TRC BPBD mencoba merakit tandon air sejumlah 2 unit yang berkapasitas 650 liter, yang didesain menggunakan mesin pompa air dengan mesin genset sebagai sumber listrik yang menggerakkan pompa," jelasnya, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga: Dua Tahun Alami Kekeringan, Desa di Buton Selatan Akhirnya Dapat Bantuan Air Bersih

Risawal menambahkan, tandon yang sudah dimodifikasi ini nantinya akan diletakkan di atas mobil pick up yang menjadi mobil pengangkut bantuan dari BNPB.

"Mobil pickup dengan dua tandon ini difungsikan sebagai pengganti mobil tangki trailler untuk lebih mempercepat penyaluran bantuan air bersih," ungkapnya.

Baca Juga: Miris, Belasan Desa di Sejumlah Kecamatan Kolaka Utara Kesulitan Air Bersih

BPBD Buton Selatan berharap pemerintah pusat dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dapat memberikan bantuan mobil tangki trailler untuk lebih memudahkan tindakan penanggulangan bencana khususnya dalam melayani kebutuhan air bersih.

"Kita ini kekurangan alat. Hanya karena kondisinya sudah darurat maka kami percepat penyaluran air bersih ini. Dan teman-teman punya ide siasati begini. Selang saja saya bawa dari rumah," ungkap kepala BPBD Buton Selatan, Zamaluddin. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga