Padat Pemudik, Pelabuhan Torobulu-Tampo jadi Perhatian Pemerintah

Haidir Ali, telisik indonesia
Jumat, 29 April 2022
0 dilihat
Padat Pemudik, Pelabuhan Torobulu-Tampo jadi Perhatian Pemerintah
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, M. Rajulan (kanan), sedang menyerahkan sertifikat vaksin kepada salah seorang pemudik, di pelabuhan penyeberangan feri Torobulu-Tampo, Foto: Haidir Ali/Telisik

" Melonjaknya antrian kendaraan roda dua maupun empat pada suasana mudik tahun ini di pelabuhan penyeberangan feri Torobulu-Tampo "

KENDARI, TELISIK.ID - Melonjaknya antrian kendaraan roda dua maupun empat pada suasana mudik tahun ini di pelabuhan penyeberangan feri Torobulu-Tampo, tak luput dari perhatian Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinas Perhubungan Sultra, M Rajulan didampingi oleh Kepala Bidang Kepelabuhanan, Faruddin dan Kepala Seksi Pembangunan Pelabuhan Aliatin, melakukan monitoring arus mudik di pelabuhan penyeberangan feri Torobulu, Konawe Selatan (Konsel) yang akan menuju Tampo Kabupaten Muna, Jumat (29/4/2022).

Kondisi pemudik tahun ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Lonjakan pemudik disebabkan oleh mayarakat yang memanfaatkan izin dari pemerintah pusat untuk melakukan mudik. Seperti diketahui, dua tahun terakhir masyarakat dibatasi mudik kerena COVID-19.

"Kami menghimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan tentunya disarankan lakukan vaksin 1, 2, dan 3 bagi mereka yang belum divaksin," kata Rajulan, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: BPTD Sultra Klaim Mudik Lebaran Berjalan Lancar dan Aman

Ia juga menghimbau kepada para calon penumpang, agar mengikuti aturan yang ada demi ketertiban bersama. Dia mengatakan, para pemudik agar tidak membeli tiket kapal, kepada para calo yang ada di pelabuhan.

Ia menyarankan agar membeli tiket di setiap loket yang telah disediakan pihak pengelola pelabuhan. Para penumpang agar tidak menebos dan memaksa memasuki kapal yang sudah terisi penuh oleh penumpang lainnya, demi keselamatan bersama.

"Kendala yang dihadapi di lapangan pasti ada, hanya saja kita berusaha mengatasi secepat mungkin, untuk saat ini kita kerjanya 24 jam," bebernya.

Tempat sama, Kepala Supervisor Pelabuhan Feri Torobulu-Tampo, Misbah mengungkapkan, pihaknya akan menargetkan seluruh kendaraan baik roda dua dan empat dapat difasilitasi untuk menyeberang ke tujuan masing-masing.

"Motor dan mobil berapa pun jumlahnya kita upayakan menyebrang semua, walau pun besoknya lebaran idul fitri kalau masih ada kendaraan kita akan tetap beroperasi, bahkan di hari raya idul fitri sekalipun," ungkap Misbah.

Sementara itu, Kepala Pos Pelayanan Mudik 2022 sekaligus Pelaksana harian (PLh) Polsek Laeya, Konsel, Andi Muhammad Taufan mengungkapkan, pihaknya sudah berada di sini sejak Kamis 28 April 2022 hingga 12 hari ke depan akan terus memantau keadaan di pelabuhan penyeberangan feri Torobulu-Tampo.

Baca Juga: Kemenag Kendari Umumkan 101 Titik Lokasi Pelaksanaan Salat Id Kota Kendari

Ia juga mengatakan, pihaknya senantiasa mengawasi dan menghimbau agar para pemudik tetap tertib, supaya tidak terjadi konflik antar sesama pemudik.

"Kami sebagai petugas kemanan berharap agar para pemudik dapat berangkat semua dan sampai ke tempat tujuan dengan selamat," tutup Andi. (A)

Reporter: Haidir Ali

Editor: Kardin

Baca Juga