Pakai ChatGPT untuk Cepat Keterima Kerja, Begini Caranya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 28 Juli 2023
0 dilihat
Pakai ChatGPT untuk Cepat Keterima Kerja, Begini Caranya
ChatGPT merupakan teknologi kecerdasan buatan yang dapat mempermudah manusia. Foto: Repro Fortuneidn.com

" Setiap iklan lowongan kerja untuk posisi tertentu pasti akan dilengkapi dengan deskripsi pekerjaan yang tertera. Anda tentu bisa menggunakan ChatGPT untuk mencari tahu skill yang dibutuhkan untuk posisi tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Perkembangan teknologi saat ini dapat memudahkan manusia dalam segala hal, salah satunya dalam mencari pekerjaan.

Dilansir dari Haibunda.com, ChatGPT adalah alat pemrosesan bahasa alami yang digerakkan oleh teknologi AI, yang memungkinkan penggunanya melakukan percakapan seperti manusia dan lebih banyak lagi dengan chatbot.

Model bahasa di ChatGPT dapat menjawab pertanyaan dan membantu Anda dengan tugas, seperti menulis email, esai, dan kode. ChatGPT sudah dapat digunakan oleh publik secara gratis karena sedang dalam tahap penelitian dan pengumulan feedback.

Sedangkan versi berlangganan dan berbayar bernama ChatGPT Plus diluncurkan pada awal Februari lalu. Perlu diketahui, ChatGPT dibuat oleh OpenAI, sebuah AI dan perusahaan riset. Perusahaan ini meluncurkan ChatGPT pada 30 November 2022.

Menurut analisis dari bank Swiss UBS, ChatGPT adalah 'aplikasi' dengan pertumbuhan tercepat sepanjang masa. Analisis tersebut memperkirakan bahwa ChatGPT memiliki 100 juta pengguna aktif pada bulan Januari, atau hanya dua bulan setelah peluncurannya.

Sebagai perbandingan, TikTok membutuhkan waktu sembilan bulan untuk mencapai 100 juta pengguna. Aplikasi ChatGPT kini sudah tersedia Google Play Store untuk pengguna ponsel Android. Aplikasi juga sudah bisa digunakan bagi pengguna iPhone.

Baca Juga: Intip 3 Perusahaan Pengguna Kecerdasan Buatan ChatGPT

Namun, saat ini aplikasi tersebut belum bisa di-download bagi pengguna Android. Ketika menekan 'Install', akan muncul sebuah pop-up yang menyebutkan, 'aplikasi akan terinstal otomatis ketika telah tersedia'.

Dikutip dari Cnbcindonesia.com, berikut adalah tips dan trik memaksimalkan ChatGPT untuk mencari pekerjaan.

Cari tahu deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan

Setiap iklan lowongan kerja untuk posisi tertentu pasti akan dilengkapi dengan deskripsi pekerjaan yang tertera. Anda tentu bisa menggunakan ChatGPT untuk mencari tahu skill yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

Setelah Anda mendapatkan jawaban dari ChatGPT, maka deretan skil tersebut bisa saja Anda masukkan ke dalam Curriculum Vitae (CV) Anda. Pastikan Anda menggunakan kalimat yang jelas ketika Anda meminta jawaban ke ChatGPT atas pertanyaan ini.

Manfaatkan untuk rombak isi CV

Mungkin saja, CV Anda butuh pembaharuan karena Anda mendapat pengalaman atau proyek baru yang memang cukup baik untuk dipampang di CV, namun Anda tidak tahu bagaimana cara menyusun ulang CV Anda, maka cobalah untuk memanfaatkan ChatGPT untuk hal ini.

Baca Juga: Penggunaan ChatGPT bagi Mahasiswa, Tugas Kuliah Makin Mudah

ChatGPT mungkin bisa memberi saran bagi Anda untuk membuang dan memasukkan beberapa poin yang dianggap penting untuk CV Anda.

Membuat cover letter

Salah satu elemen penting dari lamaran kerja tentu ada di bagian cover letter atau surat pengantarnya. Anda mungkin tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengarang cover letter karena kesibukan, namun jangan lupa bahwa ChatGPT bisa membantu Anda untuk urusan ini.

Segala macam cover letter baik Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris bisa dibuat oleh ChatGPT. Anda hanya perlu merevisinya sedikit dan menambahkan instansi tempat Anda melamar kerja. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga