Pangdam Hasanuddin Diberi Gelar La Ode Lakina Umanena Lipu

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Kamis, 24 Desember 2020
0 dilihat
Pangdam Hasanuddin Diberi Gelar La Ode Lakina Umanena Lipu
Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Andi Sumangerukka atau yang kini disebut La Ode Sumangerukka, dikenakan pakaian khas Buton. Foto: Ist.

" Akhirnya saya bisa kembali di rumah kedua dimana leluhur saya merasa aman dan terlindungi. Oleh karena itu saya sangat berbahagia. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka diberi Gelar Kehormatan Adat dan Budaya Kesultanan Buton, di Baruga Keraton Buton, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (24/12/2020).

Penghargaan tersebut dibacakan oleh La Ode Arsal, S.Sos, M.Si, Kapitalao Matanaeyo atau Panglima Bagian Timur dalam lembaga adat Kesultanan Buton.

Perwira dua bintang itu memperoleh gelar La Ode Lakina Umane Lipu dari Perangkat Adat Kesultanan Buton dengan panggilan La Ode Sumangerukka.

La Ode Lakina Umane bermakna ungkapan bagi seorang lelaki yang memiliki sifat mulia, berkarakter, berperilaku jujur, adil dan berakhlakul karimah, serta memimpin suatu wilayah teroterial yang memiliki jiwa kesatria, dan gagah berani, serta pantang mundur dalam mengatasi pemberontakan di Kesultanan Buton.

Usai penganugrahan gelar kehormatan adat, Mayjen Andi Sumangerukka atau yang kini disebut La Ode Sumangerukka, menyampaikan rasa terima kasih. Ia juga mengatakan, Buton merupakan bagian dari keluarga besar baginya.

“Akhirnya saya bisa kembali di rumah kedua dimana leluhur saya merasa aman dan terlindungi. Oleh karena itu saya sangat berbahagia,” ungkapnya.

Baca juga: Rawan Ancaman Bom saat Natal, Gereja di Surabaya Diobok-obok

Ia pun berjanji akan memegang amanah dan berusaha untuk tetap bersatu dan merasa nyaman berada di daerah ini. Dia juga mengaku terharu dan merasa terhormat dengan gelar yang diberikan kepadanya.

“Saya beserta staf mengucapkan terima kasih atas penganugrahan ini. Terlebih saat ini di Buton nama saya menjadi La Ode Sumangerukka,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Adat atau Sultan Buton ke-40, H La Ode Muh Izat Manaarfa mengatakan, meskipun berbeda, kita adalah saudara, dan selalu bekerja bersama-sama.

La Ode Muh Izat berharap, kedepannya demi keselamatan dan kesehatan semua dalam menghadapi Virus Corona, agar tetap mematuhi arahan Pemerintah Kota Baubau.

“Marilah kita terima arahan dari pemerintah kita, jangan melawan, sayangi diri dan keluarga. Serta saya mengucapkan selamat atas gelar yang diterima La Ode Sumangerukka,” pungkasnya. (B)

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga