Pantai Nambo Terancam Hilang Akibat Kerusakan Lingkungan

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 15 November 2022
0 dilihat
Pantai Nambo Terancam Hilang Akibat Kerusakan Lingkungan
Penambangan pasir berkontribusi merusak keindahan Pantai Nambo Kendari. Foto: Kardin/Telisik

" Pantai Nambo merupakan spot wisata andalan Kota Kendari. Sayangnya, pantai itu terancam hilang akibat aktivitas penambangan pasir besar-besaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Pantai Nambo merupakan spot wisata andalan Kota Kendari. Sudah banyak anggaran digelontorkan untuk mempercantiknya. Sayang, keindahan pantai itu kini rusak dengan banyaknya lumpur di bibir pantai.

DPRD Kota Kendari menyoroti kondisi Pantai Nambo yang tak seindah dulu lagi, terlebih adanya panambangan pasir di sekitar pantai disinyalir menambah kontribusi rusaknya keindahan pantai tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Kendari, La Ode Lawama menanggapi serius hal itu. Ia menuturkan, keberadaan Pantai Nambo kini mulai terancam hilang dengan adanya kerusakan pantai.

Belum lagi, jumlah pengunjung yang semakin berkurang setiap harinya, termasuk saat weekend atau hari-hari libur lainnya.

"Pantai Nambo itu sudah tidak steril lagi, sudah sangat kotor airnya. Ditambah dengan banyaknya lumpur," beber Lawama, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Ratusan Atlet Seluruh Indonesia Ramaikan Ajang Sirnas Bulu Tangkis di Kendari

Politikus PDIP itu menerangkan, adanya eksploitasi pasir besar-besaran ikut berkontribusi atas rusaknya keindahan Pantai Nambo.

Ia pun meminta pemerintah kota untuk menyikapi para penambang pasir tersebut. Pasalnya, aliran kali yang menuju pantai kini mengalami pendangkalan, itu juga akan berdampak pada lingkungan warga sekitar jika terjadi hujan. Masalah baru akan terjadi.

Terlebih kata dia, berkurangnya pengunjung juga turut mempengaruhi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Kendari di sektor wisata.

Belum lagi lokasi latihan renang di area pantai, nampak sangat kotor dengan air yang sangat keruh.

"Ini harus disikapi secepatnya. Kalau tidak, Pantai Nambo akan hilang," bebernya.

Baca Juga: Kesadaran Berlalu Lintas Kurang, Ribuan Pelanggar ETLE Terdeteksi

Wakil Ketua DPRD Kendari, Samsudin Rahim turut angkat bicara terkait persoalan tersebut. Kata dia, jika aktivitas penambangan pasir berhenti saat ini juga, maka 20 tahun lagi Pantai Nambo akan pulih seperti semula.

Hal itu karena dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat penambangan, memakan waktu lama dalam pemulihannya.

"Memang lama pemulihan lingkungan itu," beber politi PAN tersebut. (B)

Penulis: Kardin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga