Para Gus di Jatim Sepakat Dorong Muhaimin Iskandar Maju Pilpres 2024

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 20 Januari 2022
0 dilihat
Para Gus di Jatim Sepakat Dorong Muhaimin Iskandar Maju Pilpres 2024
Ketum PKB Muhaimin Iskandar ketika Ketemu Para Gus Di Banyuwangi (foto: PKB for Telisik.id)

" Para Gus Jatim menyepakati dan mendorong Gus Muhaimin Iskandar maju sebagai Calon Presiden 2024 "

SURABAYA, TELISIK.ID - Dukungan agar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar maju dalam Pilpres 2024 terus bermunculan. Kali ini perwakilan Para Gus Jawa Timur (Jatim) yang menggelar pertemuan di Banyuwangi menyepakati dan mendorong Gus Muhaimin Iskandar maju sebagai Calon Presiden 2024.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil musyawarah dan silaturahim Para Gus yang digelar di kabupaten yang dikenal dengan masyarakat osingnya tersebut.

Ketua PCNU Kabupaten Banyuwangi, KH Ali Maki Zaini menjelaskan, dukungan kepada Ketua Umum PKB itu berawal dari pemikiran Para Gus pondok pesantren rujukan yang ada di Jawa Timur seperti Lirboyo, Ploso, Sidogiri, Langitan dan beberapa pondok pesantren lainnya. Mereka berusaha menyelaraskan pemahaman bahwa peristiwa politik tidak bisa dihindari di Indonesia, sehingga perlu mengambil bagian.

"Berdasarkan itu maka pondok-pondok pesantren memiliki pemahaman harus ada keselarasan pemahaman pondok pesantren dan Nahdlatul Ulama," ungkap pria yang akrab disapa Gus Maki itu, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga: Tekan Harga Minyak Goreng, Pemprov Jatim Berlakukan Kebijakan Satu Harga

Maka guna menyambut kontestasi politik 2024, Para Gus sepakat untuk mendorong Gus Muhaimin (sapaan akrab Muhaimin Iskandar) maju sebagi Capres 2024. Hal itu berdasarkan pertimbangan, saat ini yang sejak awal kader Nahdlatul Ulama yang terjun di politik praktis adalah Gus Muhaimin.

Baca Juga: Warga Mubar Keluhkan Jalan Rusak, Susah Jual Hasil Pertanian ke Pasar

"Kader Nahdlatul Ulama yang memang sejak awal di partai politik adalah Gus Muhaimin, tidak ada pilihan lagi. Bismillah untuk start, bismillah untuk maju (Capres 2024)," ungkapnya.

Sementara itu, Gus Muhaimin saat dikonfirmasi mengaku kalau sudah di Banyuwangi untuk melakukan pertemuan silaturahmi dengan para kiai di Kantor PCNU Banyuwangi. Silaturahmi tersebut dalam rangka untuk memohon doa maju Capres 2024.

Mantan Menakertrans tersebut juga mengaku dalam tiga bulan ke depan akan keliling Jatim untuk minta restu kepada kiai dan ulama untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga