Parura Jaya Wakili Muna Barat Ajang Desa Tematik Tingkat Provinsi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 15 November 2022
0 dilihat
Parura Jaya Wakili Muna Barat Ajang Desa Tematik Tingkat Provinsi
Antusias masyarakat Desa Parura Jaya dalam menyambut tim penilai desa tematik tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Tingkatkan kapasitas pembangunan di tingkat desa, Pemerintah Kabupaten Muna Barat tunjuk Desa Parura Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan menjadi perwakilan di tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Tingkatkan kapasitas pembangunan di tingkat desa, Pemerintah Kabupaten Muna Barat tunjuk Desa Parura Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan menjadi perwakilan di tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, dengan penilaian yang diberikan dapat memberi makna bagi tiap desa, khususnya agar dapat berupaya untuk senantiasa meningkatkan kapasitas pembangunan serta mensejahterakan masyarakat.

"Dalam tingkatkan kapasitas pembangunan tingkat desa, pemda tunjuk Desa Parura Jaya menjadi perwakilan desa tematik," ungkap Bahri, Selasa (15/11/2022).

Dikatakan lomba tematik ini ialah langkah komperehensif, terkoordinasi, terarah, terpadu dan berkelanjutan dalam rangka melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap pemerintahan desa guna meningkatkan daya saing serta sebagai inovasi pemerintah desa.

Baca Juga: 55 CASN Muna Menanti NIP, Satu Mundur

Pasalnya, pemerintahan, baik pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten selalu senantiasa memperhatikan pembangunan desa, mengingat desa ialah entitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Ia juga menyebutkan, ditunjuknya Desa Parura Jaya sebagai perwakilan Muna Barat dalam lomba desa tematik, karena memiliki potensi pertanian, peternakan, perikanan, serta jamur hitam yang telah dibina oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan telah memenuhi syarat produk yang dihasilkan.

"Parura Jaya juga memiliki beberapa indikator dalam pembangunan berkelanjutan, sehingga layak menjadi predikat terbaik," bebernya.

Tak hanya itu, dari segi bidang pendidikan, dalam hal ini peningkatan sarana pendidikan berupa PAUD secara swadaya, kesehatan masyarakat juga terwujudkan dengan keberadaan posyandu serta polindes stabilitas dan keamanan.

Dalam segi keamanan, Desa Parura Jaya tak ada tindak kejahatan yang terjadi dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam pengamanan wilayah.

Selain itu, tingginya keterlibatan kaum perempuan dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga yang tak lepas dari binaan TP PKK kabupaten, kemudian desa tersebut melakukan pembinaan dalam bidang perekonomian dengan mengadakan program wisata kuliner yakni adanya industri tahu, tempe dan pembuatan kerupuk semprong.

"Dalam bidang peternakan, Parura Jaya juga lakukan program penggemukan sapi dan unggas sebagai upaya wujudkan kemandirian desa," pungkas Bahri.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Muna Barat Keciprat Bantuan Hibah Alat Kesehatan

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tematik tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, Nengan Suaryo mengatakan, dalam penilaian desa tematik ini tak ada rekayasa apa pun, sehingga Desa Parura Jaya layak menjadi perwakilan Muna Barat di tingkat nasional.

"Dalam penilaian ada beberapa indikator yang dilakukan," ujar Nengan.

Indikator penilaiannya yakni dari segi pemerintahan, wilayah, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, Dikatakannya berdasarkan instrumen itu yang akan dinilai yang sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2018 tentang Evaluasi Pengembangan Desa dan Kelurahan.

Ia juga menyebut, desa tematik ibaratnya desa wisata yang pembangunannya diarahkan ke wisata serta ekonomi masyarakat agar dapat bergerak maju. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga