Pasar Baru Wuawua Bakal Dikelola Perumda, DPRD Tekankan Harus Kembali Ramai

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 14 Desember 2023
0 dilihat
Pasar Baru Wuawua Bakal Dikelola Perumda, DPRD Tekankan Harus Kembali Ramai
Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan berharap diserahkannya Pasar Wuawua ke Perumda Pasar bisa membuat pasar menjadi lebih baik dan bisa ramai kembali. Foto: Kolase

" Mengoptimalkan pengelolaan pasar Sentral Wuawua atau pasar baru, Pemkot Kendari bakal menyerahkan pengelolaan pasar tersebut ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengoptimalkan pengelolaan pasar Sentral Wuawua atau pasar baru, Pemkot Kendari bakal menyerahkan pengelolaan pasar tersebut ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar.

Asisten II Setda Kota Kendari, Jahudding mengatakan, penyerahan pengelolaan pasar baru dilakukan untuk memaksimalkan operasional pasar agar lebih profesional.

“Prosesnya diawali dengan percepatan penyerahan aset dari Pemkot Kendari ke Perumda Pasar,” ungkap Jahudding, Rabu (13/12/2022) kemarin.

Senada, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan juga menyambut baik hal tersebut, ia berharap, penyerahan pengelolaan pasar baru bisa membantu pemerintah dalam mengatasi beragam masalah yang dialami oleh pedagang.

Baca Juga: Diretrestnarkoba Polda Sulawesi Tenggara Hancurkan 1.390 Gram Sabu

Ia juga meminta pada Perumda Pasar yang akan mengelola pasar baru bisa melakukan yang terbaik, serta me-manage dan menangani persoalan di pasar, sehingga pasar baru kembali ramai pengunjung dan penjual.

Sementara itu, Direktur Perumda Pasar Kota Kendari, Saipuddin menyambut baik rencana pemkot menyerahkan pengelolaan pasar baru kepada Perumda. Ia berjanji akan memaksimalkan pengelolaan pasar tersebut.

Berdasarkan identifikasi pasar yang ia lakukan, terdapat delapan masalah utama pengelolaan pasar baru. Di antaranya, kondisi pasar sepi pengunjung dan penjual, banyak pedagang berjualan di luar pasar resmi dan beban biaya listrik.

Baca Juga: UPTD Taman Budaya Dikbud Sulawesi Tenggara Gelar Museum Keliling

Dari permasalahan tersebut, Perumda Pasar menyiapkan sebanyak 14 solusi seperti, membangun komunikasi dengan sejumlah pihak untuk mengaktifkan pasar, membuat pasar tematik dan penurunan daya listrik.

"Kendala yang akan kita hadapi ke depan khususnya pembayaran listrik, karena selama ini listrik dari pedagang masih dibayarkan langsung oleh pemerintah kota. Nah, keengganan mereka untuk membayar listrik itu tantangan ke depan," katanya.

Perumda pasar juga akan mengambil alih pasar lainnya seperti pasar Sentral Kota Kendari, pasar Raya Mandonga (pasar basah), dan pasar PKL (Pedagang Kaki Lima) Kota Kendari. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga