Pasar Pakaian RB di Kendari Ini Banjir Pembeli, Penjualan Naik 4 Kali Lipat

Riksan Jaya, telisik indonesia
Minggu, 07 April 2024
0 dilihat
Pasar Pakaian RB di Kendari Ini Banjir Pembeli, Penjualan Naik 4 Kali Lipat
Para pembeli sedang berebutan pakaian bekas yang baru saja dikeluarkan dari ball, di Pasar Lapulu Kendari. Riksan Jaya/Telisik

" Menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H, pedagang thrifting (bekas) atau pakaian RB di Kota Kendari alami kenaikan penjualan hingga empat kali lipat "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H, pedagang thrifting (bekas) atau pakaian RB di Kota Kendari alami kenaikan penjualan hingga empat kali lipat.

Kenaikan penjualan pedagang pakaian RB tersebut terjadi akibat warga berbondong-bondong menuju ke pasar kaget yang rutin digelar tiap hari Minggu di Pasar Lapulu, Kelurahan Lapulu, Kec. Abeli, Kota Kendari.

Ahmad (20), pemuda asal Kecamatan Baruga mengaku sengaja datang jauh-jauh untuk mencari pakaian bekas di pasar tersebut. Menurutnya, pakaian RB yang dijajakan di Pasar Lapulu sangat variatif dengan kualiatas impor yang bagus.

Baca Juga: Toko Perbelanjaan Murah di Kendari Diserbu Pembeli Jelang Lebaran

“Untuk dipake jalan-jalan nanti kalau Lebaran. Bedanya dengan tempat lain di sini lengkap model yang kita mau cari, hanya saja memang lebih mahal dibandingkan dengan tempat lain, tapi banyak yang masih seperti baru, impor toh jadi bagus,” ujarnya, Minggu (7/4/2024).

Salah satu pedagang pakaian RB, Marnia mengungkapkan, saat tiba hari Minggu ia dan para pedagang lainnya akan menuju Pasar Lapulu untuk menjajakan dagangannya, sebab pasar Lapulu sudah melekat dengan ciri khas pakaian RB-nya.

“Kalau saya dari pasar panjang, ada yang dari Lawata, Anduonohu, jadi memang kalau hari Minggu biasa penjualnya berkumpul di sini, karena sudah ditaumi kalau mau ke Lapulu berarti mau cari RB,” ungkapnya, Minggu (7/4/2024).

Marnia bersyukur karena adanya moment bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri yang memberikan dampak terhadap penjualannya yang meningkatkan penjualannya hingga empat kali lipat.

Baca Juga: Langganan Macet Jelang Idul Fitri, Polisi Gelar Operasi di Depan Mal Mandonga dan Pelabuhan Nusantara Kendari

“Rata semua pedagang disini, harga untuk kaos dan kemeja kalau baru di buka dari ball itu dari harga 50 ribu, disebelah celana jeansnya mulai dari 85. Sangat bersyukur karena sejak Minggu kedua puasa sudah ramai pembeli, tapi ini hari yang paling ramai, adalah naik empat kali lipat penjualan,” jelasnya, sembari memerhatikan para pembeli yang sedang berkerumun.

Namun berbeda halnya dengan pedagang pakaian RB, Rusdi yang merupakan salah satu pedagang sepatu RB mengaku, pada momen menyambut hari Raya Idul Fitri penjualan sepatu bekas terbilang tidak ada peningkatan, bahkan cenderung menurun dibanding dengan hari-hari biasa.

“Sebenarnya kalau dibilang peningkatan tidak juga, malah agak menurun. Karena kalau mau lebaran orang lebih pilih sepatu dengan sendal baru, beda dengan baju RB kan bisa dipakai hari-hari,” imbuhnya, Minggu (7/4/2024). (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga