Pasca Lebaran Harga Bawang dan Tomat Meroket

Nur Fauzia, telisik indonesia
Senin, 22 April 2024
0 dilihat
Pasca Lebaran Harga Bawang dan Tomat Meroket
Ida, pedagang sembako di Pasar Mandonga mengatakan, harga bawang dan tomat saat ini jauh lebih mahal dibandingkan bulan Ramadan. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Pasca Lebaran, harga bawang merah, bawang putih dan tomat di beberapa pasar di Kota Kendari melonjak drastis. Harga ketiga bahan pokok ini bahkan lebih mahal dibandingkan saat bulan Ramadan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasca Lebaran, harga bawang merah, bawang putih dan tomat di beberapa pasar di Kota Kendari melonjak drastis. Harga ketiga bahan pokok ini bahkan lebih mahal dibandingkan saat bulan Ramadan.

Ida, salah seorang pedagang bawang di Pasar Mandonga mengatakan, dibandingkan bulan Ramadan, per hari ini harga bawang semakin mahal. Bawang merah di bulan Ramadan harganya di kisaran Rp 45.000/Kg menjadi Rp 60.000/Kg dan bawang putih harganya di kisaran Rp 40.000-45.000/Kg menjadi Rp 55.000/Kg.

"Yang menyebabkan kenaikan harga karena petani gagal panen, sehingga menyebabkan kurangnya stok barang dari agen, sehingga pedagang memiliki stok barang yang sedikit," jelas Ida, Senin (22/4/2024).

Hal senada disampaikan oleh Musa, pedagang di Pasar Anduonohu Kendari. Dia menyebut, harga bawang, tomat, dan cabai tetap tinggi pasca Lebaran. Dimana harga bawang putih dari kisaran harga Rp 40.000 per Kg menjadi Rp 50.000 per Kg sedangkan harga bawang merah dari harga Rp 50.000 per Kg menjadi Rp 60.000 per Kg, dan tomat dari harga Rp 20.000 per Kg menjadi Rp 40.000 per Kg.

"Dari sebelum Lebaran sampai sekarang belum ada penurunan harga. Untuk pembeli sendiri, sejauh ini tidak ada yang mengeluh karena ini merupakan bahan pokok, jadi walaupun harganya meningkat, mereka tetap membeli," jelasnya.

Baca Juga: Harga Ikan di Tempat Pelelangan Ikan Kendari Masih Mahal

Hal ini berbanding terbalik dengan harga tomat di Pasar Mandonga. Menurut Fujiana, pedagang tomat dan cabai, harga tomat setelah Lebaran mengalami penurunan, dimana pada saat bulan Ramadan harga tomat di kisaran Rp 40.000/Kg menjadi Rp 28.000-Rp 30.000/ Kg, sedangkan harga cabai tetap stabil.

"Harga ini tidak menentu. Bisa saja dalam satu hari mengalami kenaikan, bisa hari ini Rp 35.000/Kg besok bisa jadi Rp 40.000/Kg. Harga tidak menetap, harga naik turun karena pengaruh cuaca yang menyebabkan petani gagal panen sehingga stok kurang barang," tuturnya.

Baca Juga: Harga Daging Sapi, Ayam hingga Tomat di Pasar Laino Muna Menggila

Fujiana menambahkan, walaupun tomat dan cabai diambil dari luar Kota Kendari seperti Wawotobi, Tinanggea dan beberapa tempat lainnya, tetapi terkadang stok untuk jualan masih saja kurang.

Sementara itu menurut Samsina yang merupakan salah satu pembeli mengatakan, harga barang saat ini sudah sedikit lebih murah dibandingkan sebelum Lebaran.

"Sedikit lebih murah dibandingkan sebelum Lebaran," pungkasnya. (A)

Penulis: Nur Fauziah

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga