Pasien Omicron di Surabaya Jalani Swab Ulang

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 04 Januari 2022
0 dilihat
Pasien Omicron di Surabaya Jalani Swab Ulang
Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Foto: Ist.

" Pasien Omicron yang terdeteksi di Surabaya menjalani swab ulang untuk memastikan kondisi tubuhnya "

SURABAYA, TELISIK.ID - Pasien Omicron yang terdeteksi di Surabaya menjalani swab ulang untuk memastikan kondisi tubuh yang bersangkutan.

“Kondisinya cukup baik. Meski demikian tetap waspada dan tetap hati-hati. Kita doakan hasilnya negatif,” ungkap Gubernur Khofifah di Surabaya, Selasa (4/1/2022).

Mantan Mensos ini mengatakan, untuk mengantisipasi penyebarannya, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait sampai dipastikan di Jatim tidak ada lonjakan kasus.

"Kecenderungannya lebih menular sehingga perlu dilakukan sinergitas agar jangan sampai terjadi lonjakan di Jatim,” jelasnya.

Dikatakan Gubernur Khofifah, terdeteksinya varian Omicron di Jatim ini tak bisa terelakkan. Hal ini dikarenakan salah satu karakter varian ini adalah penularannya yang sangat cepat.

“Sekarang yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di Jawa Timur, dan jangan sampai terjadi penularan lokal. Saya juga langsung kordinasi dengan Pangdam, Kapolda, Kepala BNPB serta Menkes,” lanjutnya.

Untuk itu, Khofifah meminta semua pihak untuk menjaga kondisi supaya situasi di Jatim tetap baik dan terkendali.  

Baca Juga: Pengamanan Nataru Telah Usai, Polda NTT Fokus Siaga Bencana

Ditambahkan, dengan mempertahankan jumlah kasus aktif agar tetap rendah, tingkat penularan juga terus diawasi agar bertahan di bawah angka satu persen dan jangan sampai terjadi lonjakan kasus.

Baca Juga: 7 Masjid Ini Jadi Saksi Penyebaran Islam di Nusantara

“Waspada penting, tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik. Sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien yang sudah mendapatkan vaksin,” tutupnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga