Presiden Jokowi Taruh Harapan Besar ke Generasi Muda untuk Kebaikan Asia Tenggara

Berto Davids, telisik indonesia
Rabu, 10 Mei 2023
0 dilihat
Presiden Jokowi Taruh Harapan Besar ke Generasi Muda untuk Kebaikan Asia Tenggara
Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan generasi muda ASEAN di Labuan Bajo. Foto: Ist.

" Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan dengan perwakilan pemuda ASEAN di Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan dengan perwakilan pemuda ASEAN di Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).

Hadir dalam pertemuan tersebut Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Sekretaris Negara, Pratikno.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi mengaku senang dapat bertemu dengan generasi muda. Jokowi menaruh harapan besar pada generasi muda yang memiliki energi positif, ide kreatif, inovatif demi kebaikan Asia Tenggara dan untuk meneruskan keberlangsungan kawasan sebagai pusat pertumbuhan.

Baca Juga: Resmi Buka KTT ASEAN Summit, Presiden Jokowi Sentil Situasi Dunia

“Kami berharap peran besar generasi muda untuk kebaikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang stabil dan damai, serta menjadi epicentrum of growth,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, ASEAN memiliki modal kuat untuk mencapai hal tersebut, antara lain ekonomi yang tumbuh baik di atas rerata dunia. Selain itu, stabilitas di kawasan ASEAN juga terjaga, serta jumlah generasi muda ASEAN yang mencapai 34 persen dari total populasi.

“Oleh sebab itu, generasi muda ASEAN perlu merumuskan langkah-langkah terbaik untuk memaksimalkan potensi tersebut,” tandasnya.

Baca Juga: Ini Alasan Pemerintah Myanmar dan PM Thailand Tak Ikut KTT ASEAN 2023

Pada pertemuan tersebut, delegasi pemuda yang mewakili Indonesia adalah Raihan Zahirah Mauludy Ridwan dan Zafran Akhmadery Arif. Pada akhir sesi, Raihan bersama perwakilan pemuda Laos, Phothideth Sensathith, menyampaikan hasil rekomendasi delegasi pemuda ASEAN kepada para pemimpin ASEAN.

Terpisah, Menlu Retno mengatakan yang tak kalah penting dari KTT ASEAN ini adalah implementasi AOIP terutama untuk mencapai cita-cita ASEAN sebagai perisentrum perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan.

"Inilah mengapa implementasi AOIP menjadi lebih penting saat ini. Oleh karena itu, kita perlu bekerja lebih keras, bukan bisnis seperti biasa," katanya. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga