Pawai Budaya hingga Berbagai Lomba Meriahkan HUT Muna dan 17 Agustus

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 10 Juli 2024
0 dilihat
Pawai Budaya hingga Berbagai Lomba Meriahkan HUT Muna dan 17 Agustus
Kadis Kominfo Muna, Muhamad Haidar mengumumkan jenis kegiatan lomba untuk meriahkan HUT Muna ke-65 dan HUT RI ke-76. Foto: Ist.

" Pawai budaya dan berbagai lomba yang akan diikuti organisasi perangkat daerah (OPD), umum dan sekolah tingkat TK hingga SMU akan menjadi rangkaian kegiatan perayaan HUT Kabupaten Muna dan HUT Kemerdekaan RI "

MUNA, TELISIK.ID - Kabupaten Muna telah berusia 65 tahun. Pada peringatan hari lahir terbentuknya Bumi Sowite pada 4 Juli lalu, Pemerintah Daerah (Pemda) hanya menggelar upacara.

Perayaannya akan dirangkai bersamaan dengan 17 Agustus. Pemda pun telah membentuk panitia untuk memeriahkan HUT Muna ke-65 dan HUT RI ke-76.

Pawai budaya dan berbagai lomba yang akan diikuti organisasi perangkat daerah (OPD), umum dan sekolah tingkat TK hingga SMU akan menjadi rangkaian kegiatannya.

"Kegiatan akan dimulai pada 21 Juli hingga 16 Agustus," kata Kadis Kominfo, Muhamad Haidar, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga: Promosi Komoditi Lokal, Festival Coklat Warnai HUT ke-20 Kolaka Utara

Baca Juga: Fun Bike HUT Muna Barat ke-9 Warga Antusias Rebut Doorprize

Haidar merinci jenis-jenis lomba yang akan diselenggarakan terdiri dari pawai budaya, pemeliharaan dan penataan ruang terbuka publik, kebersihan kantor antar OPD, kebersihan antar kelurahan, lagu daerah antar OPD dan camat, rambi Wuna dan tarian ngibi antar kecamatan, kalego, modero antar kecamatan, lari karung antar OPD.

Selain itu, mewarnai gambar pakaian adat antar TK/PAUD, drama berbahasa Muna antar SD, SMP, SMA, pawai budaya nusantara antar TK/ Paud, gerak jalan indah antar OPD, kecamatan, instansi vertikal, BUMN, BUMD, PT, gerak jalan 8 KM dan 17 KM, gerak jalan 45 KM tingkat SMA dan umum, gerak jalan indah tingkat umum, keterampilan baris berbaris tingkat SD, SMP, SMA,  keterampilan bersepeda beregu antar komunitas, foto keindahan budaya dan alam Muna serta TikTok keindahan alam dan budaya Muna dan pameran UMKM.

Sementara itu, Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta menerangkan, berbagai kegiatan yang dilakukan itu merupakan salah satu bentuk penghormatan dan rasa syukur sebagai generasi penerus guna merefleksikan perjuangan para pendahulu melalui berbagai kegiatan-kegiatan yang positif dan kerja keras demi mengisi dan mewujudkan cita-cita luhur para pejuang dan pendiri bangsa.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama saling membesarkan untuk mewujudkan Muna yang maju, mandiri, berdaya saing dan sejahtera. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga