PDIP dan Gerindra Belum Siapkan Calon Pimpinan DPRD Muna, Golkar Sudah

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 15 Maret 2024
0 dilihat
PDIP dan Gerindra Belum Siapkan Calon Pimpinan DPRD Muna, Golkar Sudah
Ketua DPC PDIP Muna, La Ode Ferbi Rifai, Ketua DPD II Golkar Muna, Muhamad Nasir Ido dan Ketua DPC Gerindra Muna, Purnama Ramadhan. Foto : Ist.

" Tiga partai politik (Parpol) di Kabupaten Muna meraih suara terbanyak di Pemilu 14 Februari 2024 lalu "

MUNA, TELISIK.ID - Tiga partai politik (Parpol) di Kabupaten Muna meraih suara terbanyak di Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

Ketiga parpol tersebut yakni PDIP, Golkar dan Gerindra. Berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan suara, PDIP berada di urutan pertama. Di tingkat kabupaten, partai besutan Megawati Soekarno Puteri itu meruap 16.375. Kemudian, Golkar 15.359 suara dan Gerindra 13.488 suara.

Dengan perolehan suara itu, ketiga parpol itu akan mengisi kursi pimpinan DPRD Muna. PDIP dengan perolehan 5 kursi dipastikan akan menjadi ketua. Lalu, Golkar dan Gerindra dengan empat kursi masing-masing akan mendapat posisi wakil ketua.

Baca Juga: Job Fit Pejabat Esalon II Diduga Bermasalah, Sekda Muna Pastikan Sesuai Aturan

PDIP dan Gerindra sampai saat ini belum mempersiapkan siapa Caleg yang akan diusulkan menjadi pimpinan DPRD. Pasalnya, kedua partai itu, masih menunggu pleno penetapan perolehan kursi dldan Caleg terpilih dari KPU.

"Belum ada," kata Ketua DPC PDIP Muna, La Ode Frebi Rifai dan Ketua DPC Gerindra Muna, Purnama Ramadhan, Jumat (15/3/2024).

Beda halnya dengan Golkar. Partai besutan Airlangga Hartanto itu sudah menyiapkan empat calegnya untuk mengisi kursi pimpinan DPRD Muna. Adalah Muhamad Natsir Ido, L. Honto Darwin, La Ode Sumiadi dan La Ode Dyrun.

Baca Juga: Hasil Job Fit Pejabat Esalon II Muna Dilaporkan ke Pj Gubernur

"Kita usulkan semua Caleg terpilih," kata Ketua DPD II Golkar Muna, Muhamad Natsir Ido.

Wakil Ketua DPRD Muna itu menerangkan, mekanisme pengusulan calon pimpinan DPRD yakni, DPD II diminta mengirim tiga nama ke DPD I yang kemudian diteruskan ke DPP.

"Soal siapa yang terpilih, semua tergantung keputusan DPP," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga