Pemanasan Global, Puncak Es Mont Blanc Prancis Menyusut

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 07 Oktober 2023
0 dilihat
Pemanasan Global, Puncak Es Mont Blanc Prancis Menyusut
Pemanasan global, salah satu gunung gunung tertinggi di Prancis, Mont Blanc menyusut setelah kehilangan puncak es setinggi 2,22 meter selama dua tahun terakhir. Foto: Detikcom

" Pemanasan global membuat gunung tertinggi di Prancis, Mont Blanc menyusut setelah kehilangan puncak es setinggi 2,22 meter selama dua tahun terakhir "

PRANCIS, TELISIK.ID - Pemanasan global membuat gunung tertinggi di Prancis, Mont Blanc menyusut setelah kehilangan puncak es setinggi 2,22 meter selama dua tahun terakhir.

Jean des Garets, kepala ahli geologi di departemen Haute-Savoie, Prancis menuturkan, puncak gunung berbatu ini berukuran 15.721 kaki atau 4.792 meter di atas permukaan laut.

Namun, lapisan es dan saljunya yang tebal ukurannya berfluktuasi dari tahun ke tahun bergantung pada angin dan cuaca seperti dikutip dari Sindonews.com.

Gunung di tenggara Perancis diukur setiap dua tahun sekali, untuk mencoba melacak dampak perubahan iklim di Pegunungan Alpen.

Baca Juga: Ketum JMSI Kembali jadi Petisioner Masalah Sahara Maroko

Jean des Garets mengatakan bahwa timnya telah belajar banyak tentang Mont Blanc sejak pengukuran dimulai pada tahun 2001.

"Puncak terus berubah dalam ketinggian dan posisi, dengan perubahan hingga lima meter. Mont Blanc bisa jadi sangat jauh lebih tinggi dalam dua tahun," katanya dikutip dari Detik.com

Puncak berbatu Mont Blanc berada pada ketinggian 4.792 meter di atas permukaan laut. Namun variasi ketinggian berasal dari salju dan es di puncak.

Jumlahnya tergantung pada angin dan cuaca. Para peneliti mengatakan bahwa penyusutan tersebut mungkin disebabkan oleh curah hujan yang lebih rendah tahun ini.

Baca Juga: Nama Cristiano Ronaldo Bakal Dipakai jadi Stadion

Puncak yang lebih tinggi akan terjadi jika curah hujan lebih deras dan angin lebih pelan. Tidak hanya kekhawatiran di Mont Blanc. Pekan lalu terungkap bahwa gletser di Swiss telah mengalami kehilangan tahunan terbesar kedua yang oleh para ilmuwan disebut sebagai gejala nyata dari pemanasan global.

Pencairan yang lebih cepat telah diamati di gletser Alpen sebagai akibat dari perubahan iklim. Gletser di Eropa sebagian besar berada di ketinggian yang lebih rendah dibandingkan gletser di tempat lain di dunia sehingga sangat rentan terhadap pemanasan global. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga