Pembangunan Bank Sultra Jadi Ikon Baru di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 18 Maret 2022
0 dilihat
Pembangunan Bank Sultra Jadi Ikon Baru di Muna Barat
Bupati Muna Barat, Achmad Lamani saat meletakan batu pertama untuk pembangunan gedung baru Bank Sultra Cabang Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Peletakan batu pertama oleh Bupati Muna Barat (Mubar) didampingi Sekda Muna Barat dalam pembangunan gedung baru Bank Sultra cabang Mubar guna meningkatkan PAD "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Peletakan batu pertama oleh Bupati Muna Barat didampingi oleh Sekda Muna Barat dalam rangka pembangunan gedung kantor Bank Sultra Capem Kambara guna meningkatkan PAD Kabupaten Muna Barat, Jumat (18/3/2022).

Direktur Utama Bapak Abdul Latif, dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Bapak Roni Jaya Lakebo, selaku  Kepala Bank Sultra Cabang Raha, menyampaikan bahwa Bank Sultra merupakan satu-satunya Bank milik masyarakat Sulawesi Tenggara, sejak awal didirikan sampai dengan saat ini.

"Bank Sultra menjadi Bank satu-satunya di Sultra yang dapat terus tumbuh dan berhasil mencetak perolehan laba yang terus meningkat setiap tahun, memberikan dividen, dana CSR (Corporate Social Responsibility) kepada Pemerintah Daerah selaku pemegang saham Bank Sultra, serta oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dinyatakan sebagai Bank sehat," ucapnya.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa Modal Inti Bank Sultra posisi akhir 2021 mencapai Rp1,3 T dan masih membutuhkan tambahan setoran modal kurang lebih Rp.1,7 Triliuan sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 12/POJK.03/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Konsolidasi Bank Umum, dimana Bank diwajibkan untuk memenuhi Modal Inti Minimum sebesar Rp.3.000.000.000.000,- (Tiga Triliun Rupiah) pada 31/12/2024.

Baca Juga: Soal Dana Hibah, Pemda Busel Bantah Pengakuan Perangkat Masjid

Untuk itu, pihak bank mengharapkan dukungan dari Bapak Bupati Muna Barat beserta seluruh stakeholders, untuk dapat memperkuat struktur permodalan dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan sehingga misi kami untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dapat berkelanjutan dan terus meningkat.

Dilain sisi dalam pertemuan ini, Achmad Lamani selaku Bupati Muna Barat, menuturkan bahwa Bank Sultra merupakan Bank yang memiliki banyak nasabah dan berhasil mengukir pembangunan di Kabupaten Muna Barat.

"Di Bank ini banyak menghasilkan nasabah dan banyak mengukir pembangunan untuk Kabupaten Muna Barat," ucapnya.

Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam hal ini pemegang saham bank sultra yang tidak dapat dipisahkan dengan kepentingan daerah.

Baca Juga: Akibat Korsleting, Satu Rumah di Konawe Dilalap Si Jago Merah

"Seluruh bupati/walikota se Sulawesi Tenggara adalah pemegang saham, yang tidak dapat dipisahkan dengan kepentingan daerah," ucap Bupati Muna Barat.

Beliau juga menuturkan bahwa selaku Kepala Pemerintahan Kabupaten Muna Barat, akan turut berkontribusi dalam upaya meningkatkan modal Bank sultra sehingga tidak akan ketinggalan dengan daerah lainnya.

Untuk itu dalam rentan tahun 2022 - 2024 akan mengupayakan penyertaan modal pada Bank Sultra sebesar Rp. 15 Miliar sampai dengan Rp. 20 Miliar, yang tentunya juga akan disesuaikan dengan kemampuan daerah.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pembangunan gedung Bank Sultra ini ialah salah satu wujud pembangunan ekonomi di Kabupaten Muna Barat. Dan saat ini Bank Sultra memiliki 139 mesin ATM termasuk 1 mesin ATM drive thru yang baru diresmikan pada 2/3/2022. (B)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Baca Juga