Pembukaan MTQ ke-47 Kabupaten Buton, Lasalimu Tampil Beda

M. Risman Amin Boti, telisik indonesia
Sabtu, 19 Maret 2022
0 dilihat
Pembukaan MTQ ke-47 Kabupaten Buton, Lasalimu Tampil Beda
Rombongan kafilah MTQ ke-47 dari Kecamatan Lasalimu. Foto : Ist

" Bupati Buton, La Bakry menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 Kabupaten Buton di Kecamatan Wabula tahun 2022 "

BUTON,TELISIK.ID – Bupati Buton, La Bakry menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 Kabupaten Buton di Kecamatan Wabula tahun 2022.

Dalam sambutannya, La Bakry mengatakan, kesiapan MTQ ke-47 Kabupaten Buton sudah terselenggara dengan baik. Bahkan ia menyebut tuan rumah Kecamatan Wabula sangat luar biasa.

“Tuan rumah sangat luar biasa,” singkat La Bakry, Sabtu (19/3/2022).

Di sisi lain, kegiatan keagamaan tersebut dimulai dengan pawai ta’aruf yang diikuti ratusan kafilah-kafilah dari perwakilan tiap kecamatan dengan mengambil garis start depan Kantor Camat Wabula kemudian finis di seputaran gedung kesenian Desa Wabula 1.

Namun menariknya, dari 7 kecamatan di Kabupaten Buton. Rombongan kafilah Kecamatan Lasalimu tampil beda.

Diiringi dengan suara gendang melalui sound system (pengeras suara) para penari berjumlah 2 orang hadir menunjukan atraksi tarian Mangaru di depan panggung penghormatan MTQ.

Baca Juga: Rumah Sakit Apung jadi Ikon Wisata Medis, Diharap Dimanfaatkan Masyarakat

Kemudian, melakukan pengalungan bunga kepada Bupati La Bakry bersama Ibu Delya Montolalu dari perwakilan kafilah serta tampilan Ibu PKK Lasalimu.

Menanggapi hal itu, Camat Lasalimu, La Ode Zahaba menjelaskan, dalam melaksanakan tugas sebagai camat akan membangun Kecamatan Lasalimu dengan pendekatan nilai-nilai budaya sesuai visi-misi Pemerintah Kabupaten Buton.

“Membangun Lasalimu dalam bingkai budaya dan agama,” kata La Ode Zahaba kepada Telisik.id.

Ia mengatakan, pertunjukkan tarian Mangaru di hadapan tamu undangan saat pembukaan MTQ ke-47 merupakan bentuk kesiapan Kecamatan Lasalimu sebagai tuan rumah MTQ ke-48 Kabupaten Buton tahun 2024.

Baca Juga: Rukman Basri Resmi Dilantik jadi PAW Ketua DPRD Butur, Diwan Tak Hadir

“Ini (atraksi tarian Mangaru) bentuk untuk menyambut Lasalimu sebagai tuan rumah MTQ tahun 2024 nanti,” katanya.

Diketahui, MTQ ke-47 Kabupaten Buton akan berlangsung di Kecamatan Wabula pada 19-22 Maret 2022, dengan jenis lomba yang dipertandingkan di antaranya Seni Baca Alquran, Fahm Alquran, Syarh Alquran, Seni Kaligrafi dan Karya Tulis  Ilmiah Alquran. (B)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga