Pemda Bombana Ambil Langkah Konkret Tangani Harga Cabai Naik

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Minggu, 14 Januari 2024
0 dilihat
Pemda Bombana Ambil Langkah Konkret Tangani Harga Cabai Naik
Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto melakukan sidak di Pasar Rakyat Tadoha Mappacing. Foto: Ist.

" Untuk menjaga kestabilan inflasi di wilayah Bombana, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bombana meninjau harga bahan pokok yang masih naik di pasaran "

BOMBANA, TELISIK.ID - Untuk menjaga kestabilan inflasi di wilayah Bombana, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bombana meninjau harga bahan pokok yang masih naik di pasaran.

Kenaikan komoditas cabai ini diakibatkan oleh kurangnya ketidaktersediaan bahan tersebut di daerah.

Pemda Bombana dan OPD terkait meninjau langsung kenaikan harga, dalam hal ini cabai dan tomat yang melonjak naik di Pasar Rakyat Tadoha Mappacing, Bombana, Sabtu (13/1/2024).

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto bersama dengan dinas terkait turun langsung meninjau sejauh mana kenaikan bahan pokok seperti cabai, tomat, dan daging untuk memastikan tercukupinya stok kebutuhan masyarakat sampai pada bulan Ramadhan nanti.

Baca Juga: Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto Salurkan Bantuan Peralatan Penanggulangan Bencana

Pemda juga menginformasikan bahwa mereka telah mengambil langkah proaktif dengan membeli hasil panen cabai dari petani Bombana yang telah dipanen beberapa hari lalu. Hal ini untuk menjamin ketersediaan stok cabai di Kabupaten Bombana.

“Kami sudah sepakat kemarin untuk menyediakan stok yang cukup di daerah kita. Dalam artian cabai yang sudah kita hasilkan sendiri akan kita beli supaya tidak keluar daerah," tutur Edy Suharmanto.

"Nanti kalau harga tinggi dan barangnya tidak ada di pasar, pemda akan mendrop untuk menutupi kekurangan itu,” tambahnya.

Baca Juga: Pemda Bombana Alokasikan Stok Cabai untuk Persiapan Lebaran

Untuk ketersedian bahan yang lain seperti bawang dan daging ayam, Pemda Bombana dalam waktu dekat akan melakukan kerjasama dengan daerah Sidrap dan Bantaeng untuk menyediakan bahan-bahan tersebut.

“Kami akan melakukan penandatanganan MoU kerjasama pada pertengahan bulan ini dengan daerah lain untuk pengadaan bawang merah dan daging ayam,” jelas Sekda Bombana, Man Arfah.

Selain itu, Pemda juga merencanakan pelaksanaan pasar murah guna membantu masyarakat mendapatkan produk dengan harga yang lebih terjangkau.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan keringanan ekonomi bagi masyarakat terutama di tengah kondisi sulit akibat kenaikan harga beberapa bahan pokok. (B-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga