Pemda Bombana Alokasikan Stok Cabai untuk Persiapan Lebaran

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Kamis, 11 Januari 2024
0 dilihat
Pemda Bombana Alokasikan Stok Cabai untuk Persiapan Lebaran
Pj Bupati Bombana ikut serta dalam panen cabai di Tampabulu, Poleang Utara, Bombana. Foto: Ist.

" Untuk menekan angka inflasi terutama pada cabai, Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto bersama dengan Forkopimda dan Dinas Pertanian turun langsung dalam kegiatan panen cabai di Desa Tampabulu, Poleang Utara "

BOMBANA, TELISIK.ID - Untuk menekan angka inflasi terutama pada cabai, Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto bersama dengan Forkopimda dan Dinas Pertanian turun langsung dalam kegiatan panen cabai di Desa Tampabulu, Poleang Utara, Kamis (11/1/2024).

Sekitar 4 ton cabai yang berhasil dipanen oleh masyarakat Poleang melalui Kelompok Tani Rinjau Bintara dengan luas lahan sekitar 1 hektare.

Kegiatan ini adalah salah satu upaya pemda melalui Dinas Pertanian dan dinas terkait untuk menjaga kestabilan pasokan dan mengontrol perubahan harga cabai menjelang periode lebaran, mengingat peran cabai dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dan ekonomi Bombana.

"Kita harus bersama-sama memastikan bahwa pasokan cabai tetap cukup hingga lebaran, sehingga tidak terjadi fluktuasi harga yang merugikan masyarakat," ujar Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto.

Baca Juga: PJ Bupati Bombana Bahas Isu Nasional Bersama Kepala Dinas

Selain itu, Edy Suharmanto juga menegaskan, agar pasokan cabai tidak keluar dari wilayah Bombana maka langkah preventif dilakukan untuk mencegah terjadinya inflasi harga cabai di Bombana.

"Kita harus berkomitmen untuk menjaga cabai kita di Bombana, tidak hanya untuk kebutuhan lokal tapi juga untuk menjaga keseimbangan harga," tambahnya.

Dinas Pertanian pada acara ini memberikan dukungan nyata dalam upaya mengoptimalkan produksi cabai di Bombana.

Melalui sinergi antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan Kabupaten Bombana dapat menjadi sentra produksi cabai yang berkelanjutan dan mampu memenuhi kebutuhan pasokan lokal tanpa menimbulkan gejolak harga yang merugikan.

Menurut data inflasi cabai Bombana saat ini berada pada angka 0,08 persen, dimana angka tersebut mendekati posisi stabil.

"Ketersediaan cabai saat ini bisa memenuhi kebutuhan wailayah Bombana walaupun beberapa komoditi masih butuh suplay dari luar daerah, seperti bawang merah," ujar Kadis Pertanian, Muhammad Siarah.

Baca Juga: PPID Bombana Tingkatkan Transparansi Pelayanan Publik

Panen cabai ini tidak hanya menjadi simbol kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat, tetapi juga momentum untuk memperkuat ketahanan pangan di Bombana.

"Tanamana holtikulturaini saat ini bisa memenuhi kebutuhan wilayah kita walaupun beberapa komoditi masih butuh suplay dari daerah lain," tutupnya.

Pemda Bombana mengharpkan keterlibatan seluruh pihak diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertanian cabai yang berkelanjutan. (B-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga