Pemda Kolaka Timur Gelar Silaturahmi Kebangsaan Bersama Pengurus Parpol

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 09 Juli 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Gelar Silaturahmi Kebangsaan Bersama Pengurus Parpol
Silahturahmi kebangsaan Pemda Kolaka Timur bersama pengurus parpol yang dirangkaian dengan penyerahan secara simbolis bantuan parpol. Foto: Ist.

" Pemda Kolaka Timur menggelar silaturahmi kebangsaan bersama pengurus partai politik jelang pemilu serentak tahun 2024 "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemda Kolaka Timur menggelar silaturahmi kebangsaan bersama pengurus partai politik jelang pemilu serentak tahun 2024, di aula rumah jabatan bupati.

Kepala Kesbangpol Kolaka Timur, Subhan Jaya Sultan mengatakan, pemerintah daerah bersama partai politik di Kolaka Timur berkomitmen bersama menghadirkan demokrasi yang berkualitas.

"Ini merupakan harapan kita semua di tahun 2024 untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas, berada di legislatif yang bekerja untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat," ujarnya

Ia menambahkan, dasar pelaksanaan pertemuan ini adalah PP Nomor 1 Tahun 2018 dan Permendagri Nomor 36 tahun 2018. Bertujuan menciptakan harmonisasi dan sinergitas antara pemerintah dan partai politik, dalam mencerdaskan kehidupan berpolitik.

Selain itu, melahirkan kesepahaman bersama dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat serta terciptanya kesepahaman bersama mewujudkan demokrasi yang berkualitas di Wonua Sorume.

Baca Juga: Hugua Tekankan Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan pada OPD Kota Kendari

Acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis bantuan partai politik yang memiliki keterwakilan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kolaka Timur, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 dan juga Permendagri Tahun 2020.  

Sementara itu Plt Bupati Kolaka Timur Abdul Azis menyampaikan, ada beberapa hal yang menjadi subtansi kegiatan silaturahmi kebangsaan ini yaitu, meningkatkan harmonisasi antara Pemda, DPRD, Parpol,TNI/Polri, serta penyelenggara pemilu jelang Pemilu 2024 dan pemilihan kepala daerah secara serentak di tahun 2024.

Azis mengatakan, silaturahmi ini dapat menciptakan kondusifitas daerah. Mengingat stabilitas dan kondusifitas merupakan hal utama dalam pembangunan fisik dan non fisik.

"Terlebih jelang pemilu secepat mungkin mengedukasi segala macam potensi  yang menyebabkan situasi yang tidak kondusif, serta bersama-sama untuk tidak menyebarkan berita hoaks di media sosial," ungkapnya.

Ia juga mengajak untuk terus mengedukasi masyarakat agar tidak terjerumus pada politik indentitas, tidak tergiur dengan politik uang, kerena semua mengharapkan demokrasi semakin meningkat.

Azis berharap agar tercipta kesepahaman bersama, agar dapat meningkatkan peran aktif partai politik dalam pendidikan politik, mengedukasi masyarakat menuju demokrasi yang berkualitas.

"Dengan bantuan keuangan untuk parpol, parpol diharapkan dapat mencerdaskan kehidupan politik bangsa," tambahnya.

Baca Juga: 2 Pemuda Kendari Wakili Sulawesi Tenggara pada Kemah Kebangsaan se-Indonesia

Ia juga berharap agar parpol dapat melakukan kegiatan pendidikan politik yang dilaksanakan melalui sosialisasi secara masif baik yang dilaksanakan oleh pemda maupun parpol.

"Melalui sosialisasi pendidikan politik, kita berupaya untuk meningkatkan partisipasi pada pemilu serentak 2024, yang kurang lebih sisa 7 bulan ke depan," ungkapnya.

Diketahui, pada tahun 2019 tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu mencapai 80-83 persen, maka harapannya di tahun 2024 tingkat partisipasi mencapai 90 persen, sebagai sebuah berometer kerja.

"Melalui silaturahmi ini, diharapakan tercipta komunikasi yang efektif dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan di Wonua Sorume ini," tutupnya.

Kegiatan yang berlangsung di aula rujab bupati, dipimpin Plt Bupati Kolaka Timur Abdul Aziz, turut hadir Kapolres Kolaka Timur AKBP Yudhi Palmi, Sekda Andi Muh Iqbal Tongasa, sejumlah anggota DPRD, yang mewakili Dandim 1412 Kolaka Timur, narasumber Muh Najib Husain, pihak BIN Daerah Kolaka-Kolaka Timur, pimpinan/pengurus partai se-Kolaka Timur, Ketua KPU dan Bawaslu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kolaka Timur, pimpinan OPD dan sejumlah caleg. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga