Akibat Hujan Deras, Rumah Warga Kolaka Tertimpa Longsor

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 08 Oktober 2022
0 dilihat
Akibat Hujan Deras, Rumah Warga Kolaka Tertimpa Longsor
Nampak warga bergotong royong membantu korban longsor di Kelurahan Balandete, Kabupaten Kolaka, Sabtu (8/10/2022) Foto: Ist.

" Akibat cuaca buruk dan hujan dengan intensitas tinggi, memicu terjadinya tanah longsor di Jalan Badewi Kelurahan Balandete Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara "

KOLAKA, TELISIK.ID - Akibat cuaca buruk dan hujan dengan intensitas tinggi, memicu terjadinya tanah longsor di Jalan Badewi Kelurahan Balandete Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Akibat longsor tersebut, satu rumah warga bernama Junaedi, rusak parah akibat tertimpa material tanah dan batu.

Salah satu anggota Polres Kolaka, Ikhsan membenarkan informasi, kalau terjadi longsor di daerah Balandete.

Baca Juga: PPK Dinas PUPR Buton Utara Diancam Lapor Polisi oleh PT Urban Sakti Perkasa

"Iya, habis ada longsor di Balandete kemarin pas hujan deras, mau Magrib kalau tidak salah kejadiannya," ucap Ikhsan.

Junaedi menuturkan, awal musibah terjadi pada Jumat (7/10/22) pukul 17.00 Wita, saat itu hujan deras. Lalu beberapa saat kemudian longsor terjadi yang membawa material yang begitu banyak dan merusak bagian belakang rumah miliknya.

“Kalau diperkirakan ada sekira puluhan kubik material yang jatuh. Akibatnya bagian kamar mandi rumah saya rusak akibat terdesak oleh tanah dan batu yang jatuh,” terang Junaedi, Sabtu (8/10/2022).

Karena takut terjadi longsor susulan, kata Junaedi, dirinya terpaksa mengungsikan anak dan istrinya ke rumah keluarga lainya.

“Kalau kerugian mungkin tidak seberapa. Hanya yang kami takutkan adanya longsor susulan. Sebab melihat kondisi tanah di sekitar rumah kami yang masih labil,” ujarnya.

Warga sekitar pun akhirnya bergotong royong membantu korban, membersihkan material longsor yang menimpa rumah warga tersebut.

Baca Juga: BNNP Sulawesi Tenggara Advokasi Desa Tangguh Bersih Narkoba di Konawe Utara

Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka, Sutarno mengatakan, akan melakukan koordinasi terkait musibah yang menimpa warga Balandete.

“Kami meminta agar warga berhati-hati saat ini, melihat curah hujan yang hampir setiap hari terjadi," terang Sutarno.

Terkait musibah longsor di Jalan Badewi Kelurahan Balandete, pihaknya sudah melakukan penginputan data untuk selanjutnya dikoordinasikan ke pihak yang membidangi dan melaporkannya ke pimpinan untuk penanganan selanjutnya. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga