Tekan Inflasi, Pj Gubernur dan Bupati Konawe Selatan Panen Raya

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Selasa, 19 Desember 2023
0 dilihat
Tekan Inflasi, Pj Gubernur dan Bupati Konawe Selatan Panen Raya
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto bersama Bupati Konawe Selatan Surunuddin dan jajaran Pemerintah Konawe Selatan adakan panen raya. Foto: Ist.

" Di tengah ancaman el nino, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan bersama masyarakat petani di beberapa wilayah masih bisa melakukan panen raya padi "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID – Konawe Selatan berhasil menekan inflasi di tengah ancaman kekeringan yang terjadi di Sulawesi Tenggara. Penanganan inflasi yang berhasil di Konawe Selatan dibuktikan dengan melakukan berbagai upaya antisipasi yang saat ini terbukti dan dirasakan masyarakat Konawe Selatan.

Di tengah ancaman el nino, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan bersama masyarakat petani di beberapa wilayah masih bisa melakukan panen raya padi. Panen raya ini diikuti oleh masyarakat dan sejumlah pejabat pemerintah, mulai dari Bupati Konawe Selatan Surunuddin hingga Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, melakukan panen raya padi di Desa Masagena, Kecamatan Konda, Sabtu (18/11/2023).

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara didampingi Bupati Konawe Selatan ikut serta dalam acara panen raya di Kecamatan Konda. Foto: Ist.

 

Di kesempatan itu, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara sekaligus memberikan bantuan sarana produksi kepada kelompok tani setempat berupa pupuk organik cair sebanyak 150 liter, pestisida penalty sebanyak 108 botol dan pestisida corona sebanyak 180 botol.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur mengapresiasi petani padi sawah Konda yang hanya mengandalkan lahan tadah hujan, tapi bisa melakukan panen hingga tiga kali di tengah kemarau panjang. Menurutnya, hal ini suatu hal yang luar biasa.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Panen Raya Padi dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan

"Sebagai hamba Allah kita patut bersyukur, ini rahmat dan hidayah-Nya. Kami Pemerintah Provinsi Sultra selalu konsen terhadap sektor tanaman pangan dan peternakan, termasuk kendala-kendala yang terjadi di lapangan kami selalu pantau untuk dicarikan solusi. Seperti hari ini, selain panen raya, kami juga memberikan bantuan kepada kelompok tani yang harapannya dapat meningkatkan produksi dan produktivitas mereka,” ujar Sekjen Kemenkumham ini.

Penyambutan Pj Gubernur Sulawesi Tenggara di Kecamatan Konda dalam rangka panen raya. Fotk: Ist.

 

Sementara itu, Bupati Konawe Selatan, Surunuddin mengungkapkan, panen raya yang dilaksanakan hari ini merupakan bentuk kolaborasi pemerintah provinsi dan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan di tengah kemarau panjang. Hal itu kata dia, yang membuat Pemkab Konsel berhasil menekan inflasi meski di tengah ancaman el nino.

Baca Juga: Pemda Konawe Panen Raya Tomat dan Cabai

Untuk diketahui, el nino dapat berdampak signifikan pada kondisi iklim global, dan salah satu dampaknya adalah potensi pengaruh terhadap inflasi. El nino dapat menyebabkan variasi kondisi cuaca ekstrem seperti kekeringan atau banjir, yang dapat mempengaruhi produksi dan pasokan berbagai komoditas.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin ikut serta dalam panen pagi di kegiatan panen raya. Foto: Ist.

 

Dampak el nino, seperti kekeringan atau banjir, dapat menyebabkan kerugian ekonomi dan sosial yang signifikan. Misalnya, produksi pertanian dapat terpengaruh, menyebabkan kenaikan harga pangan.

Pengelolaan inflasi akibat el nino memerlukan upaya terkoordinasi dan integratif dari berbagai sektor dan pemangku kepentingan untuk meminimalkan dampak negatifnya terhadap ketersediaan dan harga komoditas. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga