Pemerintah Pusat Gelontorkan 69 Ribu Kartu Sembako di Sultra

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Jumat, 17 April 2020
0 dilihat
Pemerintah Pusat Gelontorkan 69 Ribu Kartu Sembako di Sultra
Area Operator Manager Bank Mandiri Cabang Kendari, Eko Oksiarso. Foto: Muhammad Israjab/Telisik

" Kami dari pihak bank mendapatkan informasi ada penambahan penerima manfaat ini. Akan disalurkan April ini mungkin di akhir bulan, bisa juga awal Mei. 61183 orang dan bertambah 8 ribu orang yang akan disalurkan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kementerian Sosial (Kemensos) rencananya sekira April 2020 akan menyalurkan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) atau saat ini dikenal Kartu Sembako bagi masyarakat miskin di Sultra.

"Kami dari pihak bank mendapatkan informasi ada penambahan penerima manfaat ini. Akan disalurkan April ini mungkin di akhir bulan, bisa juga awal Mei. 61183 orang dan bertambah 8 ribu orang yang akan disalurkan," ungkap  Area Operator Manager Bank Mandiri Cabang Kendari Eko Oksiarso, Kamis (16/4/2020).

Penerima ini tersebar di lima kabupaten yaitu, Konawe Selatan (Konsel), Bombana, Kolaka Timur (Koltim), Kolaka Utara (Kolut) dan Kolaka. Sementara untuk penambahan 8  ribu orang, Eko belum bisa memastikan sebab masih menunggu data dari Kemensos.

"Bank Mandiri itu sudah memiliki agen-agen yang terdapat di daerah tadi yang sudah disebutkan. Agen ini atau warung ini mendapatkan mesin edisi, nah si penerima manfaat ini diberi buku tabungan dan kartu BPNT," ujar Eko.

Jadi kartu yang diterima dikredit oleh Kemensos. Melalui Bank Mandiri, yang mencapai Rp150 ribu. Nilai ini nantinya, akan dinaikan jadi Rp200 ribu.

Baca juga: Ketersediaan APD dan Kebutuhan Pangan di Daerah Perlu Dipantau

"Kartu itu nanti digesek ketika belanja ke warung agen tadi. Hanya bisa beli beras, telur. Tadinya hanya itu, tapi sudah ada perluasan, boleh beli sayur, ikan yang terpenting bukan olahan pabrik," ucapnya.

"Jadi sekarang kami akan salurkan lagi KPM ini 8 ribu kartu baru, sebelumnya sudah ada 61 ribu lebih. Ini akan bertambah terus penerimanya," sambungnya.

Program ini telah diluncurkan sejak Februari 2017, untuk memperkuat perlindungan kepada masyarakat agar memiliki akses terhadap pangan yang bergizi. Sebelumnya, program ini bernama Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Untuk mendapatkan Kartu Sembako Murah tersebut, masyarakat harus mendaftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dilakukan oleh Kementerian Sosial sebagaimana ditulis dalam situs OJK.

Sejak 2017 Bank Mandiri Cabang Kendari telah bekerjasama dengan pemerintah dalam hal ini Kemensos sebagai penyalur penerima manfaat ini.

 

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga