Pemerintah Siapkan 2 Juta Lebih Formasi CPNS 2024, Berikut Rinciannya

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 05 Januari 2024
0 dilihat
Pemerintah Siapkan 2 Juta Lebih Formasi CPNS 2024, Berikut Rinciannya
Keterangan Pers Presiden Jokowi Terkait Penerimaan CASN 2024, Istana Merdeka, 5 Januari 2024. Foto: Cnbcindonesia.com

" Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpanrb), Muhammad Azwar Anas membuka 2 juta lebih formasi CPNS 2024. Hal itu, ia ungkapkan usai bertemu Presiden Joko Widodo "

KENDARI, TELISIK.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpanrb), Muhammad Azwar Anas membuka 2 juta lebih formasi CPNS 2024. Hal itu, ia ungkapkan usai bertemu Presiden Joko Widodo.

Muhammad Azwar Anas mengatakan, dari total formasi yang dibuka pada 2024, kebutuhan untuk instansi pusat sebanyak 429.183 formasi, yang terbagi atas CPNS fresh graduate atau CPNS umum 207.247, CPNS dosen sebanyak 15.460 formasi, serta tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis sebanyak 191.787.

"Kemudian PPPK sebanyak 221.936 untuk tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Sedangkan kebutuhan instansi daerah lebih besar dibanding untuk instansi pusat. Kenapa? Karena jumlah ASN kita di daerah itu lebih tinggi 70 persen dibanding ASN kita yang ada di pusat," kata Anas di Istana Negara, dilansir dari Cnbcindonesia.com.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja 2024 sudah Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Anas juga mengungkapkan, kebutuhan instansi daerah sebanyak 1.867.333 formasi. Formasi ini terdiri atas CPNS Fresh Graduate atau CPNS umum. Kemudian, sebanyak 483.575 formasi untuk tenaga teknis. Lalu, lanjut Anas, PPPK sebanyak 1.383.758.

Mengenai waktu dibukanya pendaftaran tersebut, Anas menyebut, jika akan dibuka pada Januari 2024. Anas menyebut Jokowi punya permintaan khusus agar fresh graduate diprioritaskan untuk direkrut sebagai PNS. Ia mengatakan PNS berstatus baru lulus kuliah itu akan ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Baca Juga: Prabowo Antisipasi Serangan Beli Pesawat Bekas, Capres Anies dan Ganjar Sangat Optimis Unggul di Debat Ketiga

" Bulan ini (Januari 2024) kan tidak otomatis langsung direkrut. Kan ada proses pengumuman, proses A, B, C, D. Bisa jadi Maret atau April baru (dibuka seleksi)," ucap Anas, dikutip dari Cnnindonesia.com.

Sebelumnya, Anas menegaskan formasi CPNS 2024 itu akan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi pada pekan pertama Januari 2024.

Ia juga mengatakan pemerintah akan fokus merekrut PNS dengan kemampuan dalam dunia digital di daerah. Digital yang dimaksud ada di tingkat hulu, seperti di sektor pertanian. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga