Pemkab Kolut Siapkan Puluhan Ton Kebutuhan Pokok untuk 2.660 KK

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 26 April 2021
0 dilihat
Pemkab Kolut Siapkan Puluhan Ton Kebutuhan Pokok untuk 2.660 KK
Aktivitas penyortiran batuan per paket oleh pegawai Dinas Sosial Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Untuk sasaran penerima bantuan dipastikan adalah masyarakat yang bukan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dan jenis bantuan lainnya. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menyiapkan puluhan ton kebutuhan pokok untuk 2.660 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 133 desa dan kelurahan di 15 kecamatan.

Menurut Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Kolut, Munawar Halil, S.Pd, paket bantuan tersebut akan disalurkan ke 133 desa/kelurahan. Porsi bantuan untuk setiap desa/kelurahan sebanyak 20 KK.  

"Paket bantuan tersebut berupa beras 20 kg, gula pasir 3 kg, terigu 2 kg, dan susu 2 kaleng. Dengan total keseluruhan, 53.200 ton beras, 7.980 ton gula pasir, 5.320 ton terigu, dan 5.320 susu kaleng," kata Munawar Halil, kepada Telisik.id, Senin (26/4/2021).

Sampai saat ini lanjutnya, bantuan tersebut belum disalurkan ke masyarakat karena paketnya belum komplit, masih kekurangan terigu.

Baca juga: Peminat Beasiswa Gembira Cerdas Capai 788 Orang

"Truk yang memuat bantuan terigu masih tertahan di pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo, Sulsel, akibat pelayanan kapal feri rute Siwa-Tobaku yang hanya satu kapal. Kalau paketnya sudah komplit, data penerima manfaat akan kami melaporkan ke bupati untuk di-SK-kan. Setelah itu baru bisa  disalurkan secara serentak dengan melibatkan semua OPD lingkup Kabupaten Kolaka Utara," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kolut, H. Saenal Ahmad, mengungkapkan, bantuan kebutuhan pokok tersebut diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu yang terdampak COVID-19 dan tidak pernah mendapat bantuan sosial lainnya.

"Untuk sasaran penerima bantuan dipastikan adalah masyarakat yang bukan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dan jenis bantuan lainnya," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan, puluhan ton bantuan tersebut akan disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Insya Allah kami usahakan penyalurannya sebelum Hari Raya Idul Fitri," pungkasnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga