Pemkab Kolut Target INTENS Muhammadiyah Beroperasi Tahun 2022

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 15 November 2021
0 dilihat
Pemkab Kolut Target INTENS Muhammadiyah Beroperasi Tahun 2022
Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar MH didampingi Kadis Infokom, Rahman dan Kasat Pol PP Kolut, Drs. Ramang. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Cita-cita Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) menghadirkan Perguruan Tinggi (PT) di Bumi Patowonua akan segera terwujud "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Cita-cita Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) menghadirkan Perguruan Tinggi (PT) di Bumi Patowonua akan segera terwujud.

Bahkan hingga saat ini Perguruan Tinggi yang diberi nama Institut Teknologi dan Sains Muhammadiyah Kolaka Utara atau disingkat INTENS Muhammadiyah Kolaka Utara, telah memasuki tahap pembenahan administrasi yakni perampungan borang institut dan borang per fakultas.

Menurut Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH, Perguruan Tinggi INTENS Muhammadiyah Kolaka Utara, ditargetkan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 2022 jika syarat administrasinya telah terpenuhi sebelum pendaftaran mahasiswa baru dimulai.

"Insya Allah kita menargetkan tahun 2022 penerimaan mahasiswa sudah mulai dilakukan jika syarat pendirian perguruan tinggi telah terpenuhi dan mendapat rekomendasi dari Dikti," katanya saat dikonfirmasi usai pelantikan Sat Linmas di Masjid Agung Bahrurrasyad Wal Ittihad Lasusua beberapa waktu lalu.

Jika tahun depan sudah bisa beroperasi, lanjutnya, maka Pemda Kolut telah menyiapkan dua alternatif untuk tempat kuliah semester.

"Alternatif pertama, kita akan menggunakan gedung SMK Negeri Lasusua dan alternatif kedua menggunakan gedung SMA H. Agusalim  di Desa Katoi," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolut, H. Muh. Idrus, S.Sos, M.Si melalui Kepala Bidang PAUD Dikbud, Hasbi Laitif, S.Pd, M.Pd menjelaskan, saat ini tahap penyusunan borang institut dan borang per fakultas telah rampung 90 persen.

Baca Juga: Jalan di Bombana Nyaris Putus, Masyarakat Diminta Tangani Seadanya

"Progres proposalnya sudah 90 persen, tinggal menunggu perampungan penataan ruang rektorat. Untuk sementara menggunakan ruko  milik bapak Kadis Dikbud," terangnya, Senin (15/11/2021).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, INTENS Muhammadiyah Kolaka Utara akan membuka tiga Program Studi (Prodi) yakni Prodi Sains Aktuaria (matematika murni), Prodi Teknik Komputer, dan Prodi Kewirausahaan.

"Kemarin kita terkendala tenaga dosen karena syaratnya, setiap fakultas harus memiliki minimal 5 dosen non PNS. Namun semua itu sudah terpenuhi sehingga total tenaga dosen untuk tiga prodi tersebut sebanyak 15 orang. Dari 15 tenaga dosen itu, kami tetap prioritaskan putra-putra daerah yang berlatar pendidikan S2 dan non PNS," urainya.

Dikatakan, salah satu pengurus Badan Pendiri Harian (BPH) dan tim percepatan pendirian INTENS Muhammadiyah Kolaka Utara, Ir Zakaria Bakrie, M.Si telah bertandang ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi (L2 Dikti) di Makassar untuk menyampaikan pendirian PT di Kolut.

"Setelah mereka berkunjung ke Kolaka Utara melihat semua kesiapan syarat pendirian perguruan tinggi INTENS Muhammadiyah, baru kemudian proposal ditindaklanjuti ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pengurusan izin operasionalnya," urai Hasbi Latif yang juga tim BPH INTENS Muhammadiyah Kolaka Utara.

Baca Juga: Muna dan Mubar Bebas COVID-19, Status PPKM Masih Level II

Ia bersama Tim BPH menargetkan bulan Desember 2021 proposal tersebut sudah masuk ke Dirjen Dikti sehingga tahun 2022 perguruan tinggi yang selama ini dinanti-nanti masyarakat Kolut sudah mulai beroperasi.

"Mudah-mudahan L2 Dikti minggu ini sudah berada di Kolaka Utara dan kami berharap tahun 2022 INTENS Muhammadiyah sudah bisa menerima mahasiswa baru. Kebetulan penerimaan Maba itu antara bulan Juli dan Agustus sehingga masih ada waktu beberapa bulan untuk membenahi semuanya," pungkasnya. (A)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga