Pemkab Konawe dan Buton Jalin Kerja Sama dalam Pengendalian Inflasi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 11 September 2023
0 dilihat
Pemkab Konawe dan Buton Jalin Kerja Sama dalam Pengendalian Inflasi
Pemda Konawe jalin kerja sama dengan Buton dalam penanganan inflasi. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe sepakat menjalin kerja sama dengan Pemkab Buton untuk perdagangan komoditi pangan dan pertanian secara umum "

KONAWE, TELISIK.ID -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe sepakat menjalin kerja sama dengan Pemkab Buton untuk perdagangan komoditi pangan dan pertanian secara umum.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama dari kedua daerah tersebut.

MoU tersebut tertuang di dalam Surat Nomor: 100.3.7.1/1856/VII/2023 Nomor: 100.3.7.1/395/2023. Terkait pengendalian inflasi, mendukung dan mengoptimalkan pembangunan ekonomi melalui pengendalian inflasi daerah yakni memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan tugas dan wewenang para pihak.

Baca Juga: Pemda Konawe Kukuhkan Asosiasi Pedagang Kaki Lima Kawasan ICP

Objek kerja sama adalah komoditas unggulan berdasarkan peta surplus dan defisit komoditas masing–masing daerah yang selanjutnya ditindaklanjuti dalam kesepakatan kerja sama para pihak.

Penandatanganan MoU antara Pemda Konawe bersama Pemda Kabupaten Buton dalam penanganan inflasi. Foto: Ist.

 

Ruang lingkup dalam nota kesepakatan mencakup sinergi sumber daya dalam rangka pengendalian inflasi daerah, pemantauan dan pengendalian harga komoditas, pertukaran informasi terkait ketersediaan stok dan kondisi harga komoditas, peningkatan akses dan jangkauan distribusi komoditas penyumbang inflasi yang telah disepakati kedua belah pihak dan implementasi langkah pengendalian inflasi melalui komunikasi yang efektif kepada masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan, pihak Pemda saat ini telah menjalin kerja sama untuk suplai beras dengan beberapa kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara.

Ferdinand menambahkan, kerja sama terkait suplai pemenuhan beras di Buton, sangat menguntungkan bagi Konawe karena selain memenuhi stok pangan bagi masyarakat Buton, di sisi lain Pemkab Konawe mempunyai market baru untuk memasarkan produksi beras lokal.

Penandatanganan MoU antara Pemda Konawe bersama Buton dalam penanganan inflasi. Foto: Ist.

 

Sementara itu Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, tujuan utama dari kerja sama ini adalah untuk meningkatkan pendapatan petani lokal, mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, serta memastikan ketersediaan dan aksesibilitas produk pangan berkualitas bagi masyarakat.

"Dalam MoU yang kita tanda tangani, Konawe dan Buton sepakat untuk saling mendukung dan bekerja sama dalam mempromosikan, memasarkan, dan mendistribusikan hasil pangan yang dihasilkan oleh masyarakat Konawe dan Buton," ungkapnya.

Kery juga menyakini jika kerja sama ini akan memberikan manfaat signifikan bagi kedua daerah, terutama dalam hal pengembangan sektor pertanian dan pemasaran hasil pangan. Ia juga menekankan pentingnya menjaga kualitas dan keamanan produk pangan yang dihasilkan, sehingga dapat memenuhi standar nasional maupun internasional.

Penandatanganan MoU antara Pemda Konawe bersama Pemda Kabupaten Buton dalam penanganan inflasi. Foto: Ist.

 

Selain itu, penandatanganan perjanjian kerja sama juga melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk perwakilan dari kelompok tani, pengusaha pangan, dan instansi terkait dari masing-masing daerah. Dalam perjanjian ini, kedua pihak berkomitmen untuk memberikan dukungan teknis, pendampingan, serta akses ke pasar yang lebih luas bagi produk pangan lokal.

Baca Juga: Pria di Konawe Selatan Tega Bunuh Ibu Kandung Hanya karena Tak Disiapkan Makan Siang

“Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif antara Konawe dan Buton dalam mengembangkan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam membangun kemitraan yang saling menguntungkan dalam sektor pertanian dan pemasaran hasil pangan,” jelasnya.

Pemerintah daerah berharap bahwa melalui penandatanganan MoU dan perjanjian kerja sama ini, Konawe dan Buton dapat lebih memperkuat potensi lokal mereka dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Diharapkan juga bahwa kerja sama ini dapat memberikan manfaat nyata bagi petani lokal dan masyarakat secara keseluruhan melalui peningkatan akses pasar dan peningkatan nilai tambah produk pangan daerah.

“Dengan semangat kolaborasi dan komitmen yang kuat, penandatanganan MoU dan perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam memajukan sektor pertanian dan pemasaran hasil pangan di Konawe dan Buton, ” tutup bupati dua periode ini. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga