Pemkab Konawe Luncurkan Command Center dan Media Center Diskominfo

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 29 Oktober 2022
0 dilihat
Pemkab Konawe Luncurkan Command Center dan Media Center Diskominfo
Sekertaris Daerah Kabupaten Konawe memotong pita saat meresmikan command center dan media center Diskominfo. Foto: Ist.

" Hadirnya command center atau pusat data adalah untuk memudahkan Kominfo mengakses data dari berbagai OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand Sapan meresmikan Command Center dan Media Center Diskominfo Kabupaten Konawe.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Konawe, M Akib Ras mengungkapkan, hadirnya command center atau pusat data ini adalah untuk memudahkan Kominfo mengakses data dari berbagai OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe.

"Dengan hadirnya gedung command center Diskominfo Konawe, maka segala data-data penting dari masing-masing OPD lingkup Pemda Konawe akan ditransmisikan ke command center. Sehingga OPD terintegrasi dalam satu data di media center ini," ungkapnya.

Akib mengucapkan terima kasih kepada Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa karena telah mengucurkan anggaran pembangunan atau pembuatan command center dan media center Diskominfo Konawe.

Dijelaskan, dengan adanya command center di gedung lantai tiga kantor Bupati Konawe ini, maka kantor Diskominfo juga pindah di gedung tersebut.

Baca Juga: SK Penunjukan Karteker KONI Kolaka Timur Sudah Turun

"Jadi hari ini Dinas Kominfo akan bergeser. Di mana sebelumnya ada di samping kejaksaan dan Alhamdulillah hari ini kami sudah berkantor di sini, dan kantor sebelumnya di tempati oleh Dinas Pemuda dan Olahraga," tandasnya.

Sementara itu, Sekda Konawe Ferdinand Sapan yang mewakili Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, ada tiga tantangan yang diberikan oleh Kominfo.

Yang pertama, bagaimana menjaga keamanan seluruh informasi data yang ada. Yang kedua, bagaimana Kominfo lebih cepat paham, kemudian lebih cepat memberikan informasi kepada OPD terkait dengan informasi atau perkembangan yang diketahui.

"Artinya kalau saya belum tau, dan bupati juga belum tau, yang harus mengetahui duluan itu adalah Kominfo. Kenapa? Karena pergerakan Kominfo ini menggunakan digitalisasi semua," jelasnya.

Baca Juga: Puluhan ASN Muna Ajukan Pindah ke Muna Barat, Pj Bupati Pastikan Ditolak

Selanjutnya, adalah memastikan pelayanan publik ini makin bagus. Terutama informasi yang dibutuhkan oleh Bupati Konawe maupun informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa cepat dengan adanya command center ini.

"Jadi command center ini fungsinya bukan hanya sekedar zoom biasa. Tetapi nantinya ini menjadi tempat edukasi. Nantinya ini menjadi fungsi kontrol terhadap jalannya pemerintahan di Konawe," pungkasnya.

Diketahui, usai meresmikan command center Kominfo Konawe dengan pemotongan pita, sekda selanjutnya menyapa satu persatu para camat se-Kabupaten Konawe melalui zoom yang telah stand by di layar kaca command center. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga