24 Delegasi WISH se-Indonesia Lakukan Ekspedisi Bumi Bahari di Wakatobi

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Sabtu, 23 Juli 2022
0 dilihat
24 Delegasi WISH se-Indonesia Lakukan Ekspedisi Bumi Bahari di Wakatobi
Bupati Wakatobi, Haliana menerima 24 delegasi WISH se-Indonesia yang mengikuti Ekspedisi Bumi Bahari di Wakatobi Foto: Boy/Telisik

" Bentuk pengabdian kepada masyarakat, sebanyak 24 delegasi Wonderful Indonesian Social Humanity (WISH) yang terdiri dari berbagai macam instansi se-Indonesia mengikuti Ekspedisi Bumi Bahari di salah satu perkampungan Bajo Mola Utara "

WAKATOBI, TELISIK. ID - Bentuk pengabdian kepada masyarakat, sebanyak 24 delegasi  Wonderful Indonesian Social Humanity (WISH) yang terdiri dari berbagai macam instansi se-Indonesia mengikuti Ekspedisi Bumi Bahari di salah satu perkampungan Bajo Mola Utara di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

24 delegasi WISH disambut langsung oleh Bupati Wakatobi di kantor bupati. Bupati Wakatobi, Haliana mengapresiasi WISH karena telah berkunjung di Wakatobi dalam pengabdian kepada masyarakat Wakatobi Khususnya masyarakat Bajo.

“Suatu nikmat dan berkah yang luar biasa, hari ini kita kedatangan teman-teman dari WISH yang akan melakukan pengabdian di Kabupaten Wakatobi. Juga menjadi perwakilan indonesia  dari Sumatera, Kepulauan Riau, kemudian juga dari Jawa,” ungkap Haliana, Sabtu (23/7/2022).

Bupati berharap tujuan dari WISH dapat menjadi pelopor utama demi tercapainya sharing sosial dan wisata edukasi pada masyarakat Bajo. Terlebih penuntasan masalah-masalah kompleks yang masih terjadi pada masyarakat Bajo terlebih pada masalah kemiskinan, penanganan stunting, dan pendidikan.

“Tujuan dari WISH untuk melakukan kerja tentu sinkron dengan kami Kabupaten Wakatobi dalam pengembangan SDM dan menciptakan kesehatan pangan kita. Mola bahari kita rekomendasi karena keunikannya, berharap untuk dapat membantu peningkatan kesejahteraan,” ujarnya

Kordinator Fasilitator WISH, Muhammad Randi Setiadi menuturkan bahwa WISH merupakan organisasi yang bergerak pada sektor pengabdian masyarakat dengan mengunjungi daerah-daerah di Indonesia.

“Tim yang ikut di program Ekspedisi Bumi Bahari sebanyak 24 delegasi, kurang lebih kami terbagi dalam tiga divisi terdiri dari divisi pendidikan, divisi kesehatan, dan divisi ekowisata lingkungan,” tutur Randi Setiadi

Baca Juga: Perayaan HUT Muna Barat ke-8 Bernuansa Romantisme Historical

Secara garis besar divisi pendidikan berfokus pada sekolah di Mola Bahari, divisi kesehatan berfokus pada medical check up, sementara untuk ekowisata berfokus pada video branding.

Ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Wakatobi, Muhammad Safril mengungkapkan mengharapkan kegiatan tersebut dapat dibina melalui kolaborasi antara semua sektor. Terlebih membuka peluang dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat membangun ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Penyusunan ITMP, Wakatobi Diproyeksikan Jadi Wisata Berkelas Dunia

“Harapan kami dari GenPi Wakatobi, Semoga kita anak muda lokal selalu membuka ruang bagi pemuda dari daerah lain tentang belajar dari kehidupan di Desa. Dengan harapan kegiatan ekspedisi ini dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat," ucap Safril

Ekspedisi Bahari ini digelar oleh WISH berkolaborasi dengan GenPI Wakatobi dan Berlangsung selama 10 hari, sejak 19 Juli hingga 1 Agustus 2022. (A)

Penulis: Boy Candra Ferniawan

Editor: Musdar

Baca Juga