Pemkab Konawe Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan Gelar Gerakan Pangan Murah, Tangkal Lonjakan Inflasi

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 19 Desember 2023
0 dilihat
Pemkab Konawe Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan Gelar Gerakan Pangan Murah, Tangkal Lonjakan Inflasi
Pelaksanaan GPM bertujuan menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan. Foto: Prokompim Konawe Selatan

" Pemkab Konawe Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan melaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM), bertujuan memberikan akses pangan dengan harga terjangkau kepada masyarakat "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Dalam upaya nyata untuk menghadapi tantangan inflasi yang mungkin berdampak pada kestabilan ekonomi lokal, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Pemkab Konsel) melalui Dinas Ketahanan Pangan melaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM).

GPM Pemkab Konsel bertujuan memberikan akses pangan dengan harga terjangkau kepada masyarakat. Melalui kerja sama dengan pelaku usaha lokal, petani, dan pedagang, program ini dirancang untuk mengamankan pasokan pangan, memitigasi dampak inflasi, dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga beserta jajaran, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Kepala Badan Pangan Nasional/Plt Menteri Pertanian. Diketahui, GPM dilakukan serentak di 411 titik di 38 provinsi dan 260 titik kabupaten/kota.

GPM Pemkab Konsel bertujuan memberikan akses pangan dengan harga terjangkau kepada masyarakat. Foto: Repro Prokompim Konawe Selatan

 

Pemerintah daerah berharap dengan penerapan GPM, masyarakat akan merasakan dampak positifnya, terutama dalam menjaga daya beli dan ketersediaan pangan sehari-hari.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan Bentuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah

Surunuddin juga mengatakan, GPM ini bertujuan menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP). Baik di tingkat produsen maupun konsumen. Kemudian sebagai upaya meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok bagi masyarakat.

Gerakan pasar murah diharapkan bisa mengatasi lonjakan inflasi. Foro: Prokompim Konawe Selatan

 

"Pelaksanaan GPM didasarkan pada beberapa indikator, mulai dari gejolak pasokan dan harga pangan. Lalu faktor isu nasional menjelang hari besar keagamaan dan lainnya, serta kebijakan harga pangan pemerintah, baik Harga Pembelian Pemerintah (HPP), atau Harga Eceran Tertinggi (HET)," ungkapnya.

Baca Juga: Bupati Konawe Selatan Salurkan Bantuan guna Penanganan Inflasi

Surunuddin mengapresiasi dinas terkait yang telah menggelar kegiatan GPM. Diketahui, Dinas Ketahanan Pangan Konsel bersama pihak terkait lainnya telah empat kali melaksanakan GPM.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin, mengapresiasi dinas terkait yang telah menggelar kegiatan GPM. Foto: Prokompim Konawe Selatan

 

Selain itu, Wakil Bupati Konsel, Rasyid mengungkapkan, gerakan pangan murah dapat dilakukan berkelanjutan. Tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Konawe Selatan. Sehingga upaya menjaga stabilitas pasokan dan harga kebutuhan pokok merata di daerah tersebut.

Sekdis Ketahanan Pangan Konsel, Andi Sitti Raoda juga menambakan, GPM tersebut merupakan inisiasi dari Badan Pangan Nasional, dilaksanakan secara serentak di Indonesia. (A-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga