Pemkab Muna Masih Butuhkan Honorer

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 19 Januari 2023
0 dilihat
Pemkab Muna Masih Butuhkan Honorer
Bupati Muna, LM Rusman Emba mengakui masih membutuhkan honorer. Foto: Sunaryo/Telisik

" Rencana Pemerintah Pusat menghapus seluruh tenaga honorer pada 28 November mendatang sepertinya tidak akan berjalan mulus. Pasalnya, sejumlah daerah masih membutuhkan keberadaan honorer di organisasi perangkat daerah (OPD) "

MUNA, TELISIK.ID - Rencana Pemerintah Pusat menghapus seluruh tenaga honorer pada 28 November mendatang sepertinya tidak akan berjalan mulus. Pasalnya, sejumlah daerah masih membutuhkan keberadaan honorer di organisasi perangkat daerah (OPD).

"Kalau di Muna masih membutuhkan honorer. Di beberapa OPD, tenaga teknis dan lapangannya digerakan oleh honorer," kata Bupati Muna, LM Rusman Emba, Kamis (19/1/2023).

Mantan senator DPD RI itu berharap, pemerintah dapat mengkaji dan mencari regulasi agar tenaga honorer tidak dihapus sekaligus.

Baca Juga: Begini Nasib Tenaga Honorer Jelang Penghapusan

"Kita harap ada dispensasi," timpalnya.

Keberadaan honorer memang sangat dibutuhkan. Misalnya, di Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Ada ratusan honorer yang setiap harinya bekerja sebagai pengangkut sampah dan penyapu taman. Kata Kadis LH, LM Yakub, bila honorer dihapuskan, maka dinasnya akan lumpuh. Tidak mungkin, ASN yang akan pengangkutan sampah. Keberadaan honorer selama ini, telah membantu mengatasi persoalan sampah di Kota Raha.

Baca Juga: Ini Kriteria Honorer Langsung Diangkat CPNS 2023

"Harapan kita, bisa dijadikan sebagai outsourcing," pintanya.

Begitu pula di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Keterbatasan ASN, menjadikan puluhan honorer yang ada menjadi tulang punggung dalam setiap musibah kebakaran.

"Honorer kita semuanya telah memiliki sertifikat pelatihan. Mereka yang tahu cara mengoperasikan alat-alat pemadam kebakaran," kata Plt Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, LM Arwin. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga