Pemkot Kendari Latih Pelaku IKM Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Kelembagaan

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 19 Juli 2022
0 dilihat
Pemkot Kendari Latih Pelaku IKM Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Kelembagaan
Pemkot Kendari terus berupaya meningkatkan kapasitas pengelolaan kelembagaan sentra Industri Kecil dan Menengah, di mana upaya tersebut dilakukan dalam bentuk pelatihan yang diikuti oleh 30 pengelola IKM. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), terus berupaya meningkatkan kapasitas pengelolaan kelembagaan sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), terus berupaya meningkatkan kapasitas pengelolaan kelembagaan sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, pelatihan tersebut merupakan bentuk support Pemkot terhadap para pelaku usaha, khususnya dalam pengembangan sentra IKM

"Karena pembangunan fisik sentra IKM sudah disiapkan oleh pemerintah," ucapnya, Selasa (19/7/2022).

Sehingga ia berharap, seluruh peserta pelatihan yang berjumlah 30 peserta pengelola IKM dan para pegawai Disnaker Kota Kendari, setelah pelatihan bisa menjadi kader.

"Yang nantinya bisa membina dan menghasilkan kader lainnya, sehingga produktivitas bisa terwujud," katanya.

Mantan Kepala Bappeda ini menyampaikan, kedepannya pelatihan tersebut akan dilakukan secara simultan atau berkelanjutan sesuai dengan kemampuan daerah.

"Meskipun terbatas, tapi paling tidak hadir dalam diri mereka rasa percaya diri atas kemampuan mereka," ujarnya.

Baca Juga: Pemuda Lintas Agama Bergandeng Tangan Dukung Moderasi Beragama di Kota Kendari

Tempat sama, Kepala Disnaker Kota Kendari Ali Aksa mengatakan, untuk saat ini pihaknya fokus mengembangkan sentra IKM yang ada.

Yakni Sentra IKM Meubeleur yang ada di Jalan Boulevard, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, serta sentra IKM pengelolaan pangan yang akan dibangun di wilayah Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

"Kita masih fokus di dua ini, semua bisa terlibat karena kita inginkan sentra IKM ini bukan hanya 2 ini, tapi bisa berkembang sentra IKM yang lainnya," ungkapnya.

Lanjut, ia berharap para peserta bisa bersinergi dan mengetahui sentra IKM lebih dalam, melakukan pengembangan IKM dan hal apa saja yang cocok untuk dikembangkan di daerah tertentu.

Baca Juga: Pemuda Lintas Agama Bergandeng Tangan Dukung Moderasi Beragama di Kota Kendari

"Sehingga mereka bisa mempelajari apa saja yang bisa dikembangkan lebih jauh, bahkan nanti akan dilakukan studi banding di beberapa daerah yang bisa diserap pengetahuan terkait peluang IKM-nya," ujarnya.

Untuk diketahui, pelatihan tersebut akan berlangsung selama enam hari ke depan, bertempat di salah satu hotel berbintang di Kendari, dimulai Selasa 19 Juli 2022. (B-Adv)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga