Pemkot Kendari Luncurkan 7 Aplikasi Mudahkan Pelayanan Masyarakat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 12 September 2023
0 dilihat
Pemkot Kendari Luncurkan 7 Aplikasi Mudahkan Pelayanan Masyarakat
KENDARI, TELISIK.ID - Pemkot Kendari meluncurkan 7 inovasi daerah dalam memudahkan dan memaksimalkan pelayanan pada masyarakat. Tujuh inovasi tersebut adalah karya 7 kepala Organisasi Perangkat Daerah (reformer) yang sedang menyelesaikan tugas akhir Diklatpim II tahun 2023. Proyek perubahan 7 refo

" Pemkot Kendari meluncurkan 7 inovasi daerah dalam memudahkan dan memaksimalkan pelayanan pada masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemkot Kendari meluncurkan 7 inovasi daerah dalam memudahkan dan memaksimalkan pelayanan pada masyarakat. Tujuh inovasi tersebut adalah karya 7 kepala Organisasi Perangkat Daerah (reformer) yang sedang menyelesaikan tugas akhir Diklatpim II tahun 2023.

Proyek perubahan 7 reformer ini diluncurkan di Aula Samaturu Kantor Balai Kota Kendari, Senin (11/9/2023) malam. Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu memberi apresiasi pada kepala OPD yang berhasil membuat inovasi daerah berupa aplikasi di OPD-nya masing-masing.

“Sekarang kita sudah dilegalkan secara virtual, secara audit pun sudah dibenarkan dikeluarkan makan minum untuk rapat semacam ini, kalau dulu tidak bisa. Inikan sesuatu yang baru,” ungkap Pj wali kota.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kendari, Adriana Musaruddin mengungkapkan, aplikasi Dering Asmara merupakan suatu aplikasi yang dibangun oleh Sekretariat DPRD Kendari untuk mengoptimalisasi pelayanan dalam menjaring aspirasi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Sekretaris Kota Kendari Ridwansyah Taridala menambahkan, situasi pandemi COVID-19 memberi dampak luar biasa kepada masyarakat dan pemerintah. Dimana pelayanan harus tetap berjalan namun tidak memungkinkan untuk dilakukan secara langsung.

Baca Juga: Kisruh Warga dan Pemkot Kendari Soal RTH di Jalan ZA Sugianto

"Satu-satunya agar layanan bisa maksimal ialah dengan berinovasi memanfaatkan digital, dan kita sekarang sudah terbiasa dengan situasi tersebut. Ini pula yang mendorong lahirnya berbagai inovasi pelayan publik dari OPD lingkup Kota Kendari," bebernya.

Berikut 7 Aplikasi yang diluncurkan Pemerintah Kota Kendari.

- Dering Asmara (Dewan Menjaring Aspirasi Masyarakat) yang diluncurkan Sekretariat DPRD

- E Merare (Menejemen Administrasi Keuangan Berbasis Elektronik) yang diluncurkan Badan Keuangan dan Aset Daerah

- Sistem monitoring pajak terintegrasi atau Pajak Pindara yang diluncurkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda)

Baca Juga: Dukung Kinerja Brimob, Pemkot Kendari Beri Bantuan Senilai Rp 176.500.000

- E Linmas (Layanan Perlindungan Masyarakat berbasis Elektronik ) yang diluncurkan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP)

- Sigarang (Siaga Pengawal Terang ) yang diluncurkan Dinas Perhubungan Kota Kendari

- E Rekam Medik (layanan rekam medik berbasis digital) yang diluncurkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)

- Sidewi (Sistem Informasi Destinasi Wisata) yang diluncurkan Dinas Pariwisata. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga