Pemkot Kendari Pastikan Indikator Penyebab Stunting Terus Ditangani

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Jumat, 18 Maret 2022
0 dilihat
Pemkot Kendari Pastikan Indikator Penyebab Stunting Terus Ditangani
Foto bersama giat rembuk stunting tingkat Kota Kendari tahun 2022. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Wali Kota Kendari mengimbau kepada dinas-dinas terkait agar semakin optimal melakukan aksi-aksinya, sehingga dalam waktu dekat, angka stunting di Kota Kendari bisa diturunkan lagi "

KENDARI, TELISIK.ID – Pemerintah Kota Kendari memastikan indikator-indikator penyebab stunting, satu persatu akan terus ditangani, baik dari aspek kesehatan maupun dari aspek non-kesehatan.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengimbau kepada dinas-dinas terkait agar semakin optimal melakukan aksi-aksinya, sehingga dalam waktu dekat, angka stunting di Kota Kendari bisa diturunkan lagi.

"Kan yang paling berisiko itu anak-anak, mudah-mudahan dengan aksi seluruh dinas terkait, anak-anak kita bisa tumbuh lebih baik, lebih sehat, lebih cerdas dan bisa menjadi kebanggaan kita nanti," katanya, Jumat (18/3/2022).

Ia menyampaikan, walaupun angka stunting di Kota Kendari lebih rendah jika dibandingkan kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra), tapi tetap harus diseriusi, karena jika diabaikan akan berdampak besar ke depannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum mengungkapkan, hingga tahun 2022 ini angka stunting di Kota Kendari sebanyak 227 kasus.

Baca Juga: Stunting di Manggarai Turun 18,9 Persen, Bupati Bilang Itu Masih Kabar Buruk

"Ini tersebar di 15 kelurahan dan sekaligus menjadi lokus penanganan stunting," ucapnya.

Data bulan Agustus tahun 2021  kata dia, prevalensi tertinggi ada di Kecamatan Kendari Barat, kemudian Kecamatan Kendari, lalu Kecamatan Wua-Wua.

Baca Juga: Strategi Pemda Koltim Berantas Stunting

Sementara itu, Ketua Tim Rembuk Stunting Kota Kendari Jahudin mengatakan, setelah terbentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting, pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan.

"Antara lain melakukan beberapa kali pertemuan rapat terbatas dan dimotori oleh Kepala Bappeda Kota Kendari," ungkapnya.

Pihaknya juga telah membuat analisis situasi dan rencana kegiatan percepatan penurunan stunting di Kota Kendari. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga