Pemkot Kendari Terus Masifkan Program Penataan Kota Kendari Menuju Kota Sehat

Siti Nabila, telisik indonesia
Minggu, 30 Juni 2024
0 dilihat
Pemkot Kendari Terus Masifkan Program Penataan Kota Kendari Menuju Kota Sehat
Rapat koordinasi yang melibatkan stakeholder di Balai Kota Kendari. Foto: Ist.

" Dalam rangka menciptakan kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni masyarakat, Pemerintah Kota Kendari tengah menggalakkan persiapan menuju status Kota Sehat pada tahun 2025 "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka menciptakan kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni masyarakat, Pemerintah Kota Kendari tengah menggalakkan persiapan menuju status Kota Sehat pada tahun 2025.

Langkah strategis ini merupakan satu dari perwujudan program penataan kota yang saat ini terus dilakukan secara bertahap. dimulai dengan Rapat Koordinasi (Rakor) yang melibatkan semua stakeholder terkait di Balai Kota Kendari.

Rakor dipimpin langsung Asisten III Setda Kota Kendari Makmur yang mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota. Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan pentingnya menyelesaikan beberapa permasalahan yang terungkap selama proses asesmen sebelumnya, terutama masalah pemenuhan 9 indikator penilaian kota sehat.

Lebih lanjut, sembilan indikator penilaian Kota Sehat yang dimaksud yakni tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi sehat, dan tatanan industri dan perkantoran sehat.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup. Foto: Ist

 

“Kita telah mengidentifikasi beberapa permasalahan yang perlu ditindaklanjuti oleh masing-masing OPD terkait,” ungkap Makmur.

Baca Juga: Pemkot Benahi Infrastruktur Sosial Sebagai Wujud Penataan Kota Kendari

Salah satu langkah konkret yang akan segera dilakukan adalah verifikasi lapangan dan verifikasi dokumen terkait dengan temuan yang telah diungkapkan.

Tatanan pemukiman adalah salah satu indikator penilaian Kota Sehat. Pemukiman warga Kota Kendari tampak dari atas. Foto: Ist.

 

Asisten III Setda Kota Kendari menuturkan, tujuannya jelas memastikan bahwa Kota Kendari siap secara fisik dan administratif ketika saatnya untuk dinilai sebagai Kota Sehat.

“Kami akan memprioritaskan komunikasi yang baik antar OPD untuk menyelesaikan permasalahan dan menindaklanjuti dengan tepat waktu,” jelasnya.

Pj Wali Kota Kendari meminta pegawai RSUD Antero Hamra untuk bekerja dengan baik dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Foto: Ist.

 

Pemerintah Kota Kendari telah menetapkan komitmen yang kuat untuk memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk mencapai status Kota Sehat.

Baca Juga: Upaya Penataan Wilayah Kota, Pemkot Kendari Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Langkah-langkah strategis seperti rapat koordinasi ini menjadi bukti nyata dari keseriusan mereka dalam mengatasi tantangan dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Asisten III Setda Kota Kendari berharap bahwa dengan melakukan tindak lanjut yang tepat waktu dan efektif, Pemkot dapat menghadapi penilaian dengan keyakinan penuh bahwa Kota Kendari layak mendapatkan predikat Kota Sehat.

"Proses menuju Kota Sehat 2025 di Kota Kendari memang masih panjang, namun dengan komitmen yang kokoh dan kerja sama yang baik, tujuan ini tampaknya semakin dekat untuk tercapai," tutupnya (C-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga