Upaya Penataan Wilayah Kota, Pemkot Kendari Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Siti Nabila, telisik indonesia
Minggu, 30 Juni 2024
0 dilihat
Upaya Penataan Wilayah Kota, Pemkot Kendari Tingkatkan Partisipasi Masyarakat
Melalui awak media, Pj Wali Kota Muhammad Yusup mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Foto: Siti Nabila/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari di bawah kepemimpinan Muhammad Yusup, terus berkomitmen mewujudkan tata kota yang lebih baik dan teratur dengan melibatkan partisipasi masyarakat Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari di bawah kepemimpinan Muhammad Yusup, terus berkomitmen mewujudkan tata kota yang lebih baik dan teratur dengan melibatkan partisipasi masyarakat Kota Kendari dengan selalu mengingatkan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menuturkan, tanpa melibatkan masyarakat, pemerintah tidak akan dapat mencapai hasil pembangunan secara optimal. Selain itu, fokus utama dari program ini adalah menciptakan lingkungan yang lebih tertata, hijau, dan nyaman untuk masyarakat.

“Kita harus bekerja sama, tidak bisa sendiri-sendiri mengedepankan ego. Sistem yang sudah ada kita bangun, harus dijalankan dengan baik,” ujar Yusup.

Muhammad Yusuf menegaskan, tugas dari pemerintah adalah mengatur serta melayani masyarakat dengan harmonis. Kepala BPBD Sulawesi Tenggara (Sultra) itu juga menekankan agar OPD terkait dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat, para camat, lurah, RT dan RW.

Pj Wali Kota mengajak seluruh jajaran yang ada di pemerintahan Kota Kendari mulai dari tingkat RT/RW, kelurahan, kecamatan hingga OPD dan seluruh masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan. Foto: Siti Nabila/Telisik

 

“Proses penataan ini tentu memerlukan kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, sosialisasi yang intensif dan komunikasi yang efektif antara pemerintah dan warga menjadi kunci suksesnya program ini,” tuturnya

Baca Juga: Begini Strategi Penataan Kota Kendari Sebagai Mitigasi Bencana Banjir

Lanjut Yusup, Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi tenggara, terus mengkampayekan agar masyarakat tetap menjaga lingkungan dengan terus menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit dan bencana alam yang sewaktu-waktu dapat melanda daerah ini.

Kadis DLHK Paminuddin mengatakan, peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan kota. Foto: Siti Nabila/Telisik

 

“Ini terus kita lakukan mengkampayekan untuk bagaimana menjaga lingkungan agar tetap selalu terjaga, bersih dan sehat. Saya sudah perintahkan seluruh jajaran yang ada di Pemerintahan Kota Kendari mulai dari tingkat RT/RW, kelurahan, kecamatan hingga OPD dan seluruh masyarakat untuk selalu menjaga lingkungannya,” tuturnya.

Lebih lanjut menurut Yusup, dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan hal itu sudah menjadi bagian dari iman. Dengan lingkungan yang sehat, maka hidup akan terasa aman, nyaman dan bahagia.

Tampak warga sedang membuang sampah, namun tidak tepat di dalam TPS. Foto: Ist.

 

“Bahkan untuk mensupport hal ini menjadi lebih baik, saya memberikan reward kepada wilayah-wilayah yang lingkungannya bersih terkhususnya di kelurahan-kelurahan,” tutupnya.

Hal yang sama juga dikemukakan Kadis DLHK, Paminuddin, yang menyoroti mengenai masih banyaknya ditemukan warga yang membuang sampah di tempat-tempat liar, seperti di bahu jalan dan di lokasi yang bukan merupakan tempat pembuangan sampah.

Baca Juga: Pemkot Kendari Terima Masukan Komisi II DPRD Soal Penataan Fasilitas Umum dan Pasar Bersih

Meski demikian, DLHK terus melakukan edukasi secara langsung dan tidak langsung, lewat RT dan RW serta pemerintah kelurahan dan media sosial agar masyarakat tak membuang sampah kecuali di TPS yang sudah disediakan.

"Buanglah sampah dengan benar, di dalam TPS, bukan pakai sistem lempar yang membuat sampah berserakan di luar TPS," katanya.

Terakhir, Paminuddin berkomitmen menjaga kebersihan Kota Kendari dari tumpukan sampah. (B-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga